Berita

Pada Jumat hingga Minggu (18-20/08), Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) menyelenggarakan Wisuda ke-104. Wisuda  periode ini menjadi wisuda yang pertama kali digelar selama tiga hari karena jumlah mahasiswa yang lebih banyak dari wisuda-wisuda sebelumnya. Pada Wisuda ke-104, sebanyak 2645 mahasiswa dikuluhkan sebagai lulusan UINSA dan berhak menyandang status sarjana pada bidang-masing-masing.

Pada Wisuda ke-104, FDK UINSA meluluskan 288 mahasiswanya dan berhak memakai gelar S.Sos. untuk lulusan Program Studi Bimbingan Konseling Islam (BKI), Manajemen Dakwah (MD), Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), dan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI). Sedankan lulusan Program Studi Ilmu Komunikasi (Ilkom) berhak memakai gelar S.I.Kom. di belakang namanya. Sebanyak 288 lulusan tersebut terdiri dari lulusan BKI 48 lulusan, KPI 58 lulusan, MD 41 lulusan, PMI 76 lulusan, dan Ilkom 64 lulusan. Pada Wisuda ke-104, Khairun Nisa’ Bariza, S.Sos. dari Prodi MD dikukuhkan sebagai lulusan terbaik dari FDK.

Pada wisuda hari ke-3 yang diikuti wisudawan FDK, Ummi Lailatur Rahmah Hadi dari Prodi KPI didaulat mewakili para wisudawan menyampaikan sambutan mahasiswa. Pada kesempatan tersebut, Ning Ummi Laila, panggilan akrabnya, menyampaikan ucapan terima kasih kepada para dosen yang telah memberikan segala ilmu selama penempuh pendidikan. Selain itu, Ning Ummi Laila juga mengingatkan para wisudawan untuk terus melakukan afirmasi positif untuk masa depan.

“Berbicaralah sesukamu maka kamu sepeti yang engkau bicarakan. Maka untuk menjadi orang hebat di masa depan, di hari ini kita harus mengucapkan afirmasi positif,” ucap pendakwah muda yang telah banyak dikenal di media sosial ini.

Pada kesempatan tersebut, Ning Ummi Laila menyampaikan bahwa lingkungan sangat berpengaruh terhadap terbentuknya karakter dari para wisudawan. “Lingkungan membentuk karaktermu. Karakter yang berkualitas secara spiritual dan keilmuah, lingkungan UINSA jawabannya,” ucap Ning Ummi Laila.

Selain menjadi perwakilan wisudawan menyampaikan sambutan, pada momen Wisuda ke-104 tersebut Ning Ummi Laila mendapatkan penghargaan Golden Buzzer Scholarship UINSA. Rektor UINSA memberikan beasiswa S-2 kepada Ning Ummi Laila atas kiprah dakwahnya yang telah banyak dikenal di Indonesia.