Berita

P2B Newsroom, Rabu (25/01/2023); Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Penyelenggara kegiatan Program Persiapan Studi Lanjut (PPSL) S3 Luar Negeri Kerjasama Kementerian Agama Republik Indonesia dan LPDP Tahun 2022-2023, UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya menggelar acara penutupan program PPSL di Hotel Ibis Styles, Surabaya pada tanggal 25 Januari 2023.

Program PPSL ini dilaksanakan selama 3 bulan secara intensif dan komprehesif. Kegiatan ini dihadiri 12 peserta dari berbagai universitas negeri dan swasta di bawah kementerian agama RI diantaranya dari UIN Walisongo 1 orang, UIN Maulana Malik Ibrahim 1 orang, UIN Syarif Hidayatullah 1 orang, UIN Ar-Raniry 1 orang, IAIN Syekh Nurjati Cirebon 1 orang, IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung 1 orang, Universitas Nahdatul Ulama Indonesia 1 orang, STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau 1 orang, IAIN Sultan Amai Gorontalo 1 orang, STAI Al YAsini Pasuruan 1 orang, STIT Darussalam Pidie Banda Aceh 1 orang dan satu guru MTs Bab Buurahmah Kepulauan Riau. Selama kegiatan, peserta diwajibkan tinggal di kampus dan belajar mengenai penguatan kompetensi Bahasa Arab, Academic Writing dan Moderasi Beragama. Dalam kegiatan ini, Kepala Pusat Pengembangan Bahasa UINSA, Muhammad Budiono, M.Pd.I menyatakan apresiasi atas semangat dan kerja keras peserta PPSL di UINSA Surabaya selama tiga bulan.  Muhammad Budiono berharap pengalaman mengikuti kegiatan ini akan memberi kesiapan bagi mereka untuk menempuh jenjang S3 di luar negeri dan diharapkan setelah ini seluruh peserta akan mengikuti seleksi Beasiswa Indonesia Bangkit.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian kesan dan pesan perwakilan peserta PPSL Tahun 2022. Abdul Malik menyatakan bahwa selama belajar di UINSA, peserta PPSL merasa sangat terbantu dengan ilmu yang diperoleh dalam program ini, Program PPSL ini laksana nutrisi dari segala konten keilmuan Bahasa Arab maupun Studi Islam. Lebih jauh lagi, Abdul Malik menambahkan bahwa kegiatan PPSL seperti ini merupakan generator untuk peserta agar mampu lebih giat belajar.

Kegiatan diakhiri dengan penutupan resmi oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UINSA Surabaya, Prof. Dr. Abdul Muhid, M.Si. Kepada seluruh peserta PPSL di UINSA, Prof. Dr. Abdul Muhid, M.Si. menyampaikan bahwa studi doktoral memerlukan modalitas belajar yang kuat diantaranya Penguasaan Bahasa Asing. Keterampilan Menulis juga menjadi modalitas belajar yang sangat dibutuhkan untuk keberhasilan studi doctoral. Beliau juga menambahkan urgensi membangun jejaring alumni PPSL untuk penmingkatan program kemitraan antar universitas. Kegiatan diakhiri dengan foto bersama dan penyerahan simbolis sertifikat peserta PPSL.