Berita

UINSA PERINGKAT PERTAMA PTKIN TERBAIK INDONESIA VERSI UNIRANK 2023

UINSA Newsroom, Rabu (31/01/2024); UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya menduduki peringkat 1 sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) terbaik di Indonesia versi Unirank 2023.

 

Sebagaimana dikutip dari laman UniRank, pemeringkatan ini berasal dari 4 Internasional Colleges and Universities (4ICU). Perangkingan yang dilakukan UniRank™ mencakup institusi pendidikan tinggi di seluruh dunia yang memenuhi tiga kriteria.

 

Kriteria tersebut yakni secara resmi diakui, dilisensikan dan/atau diakreditasi badan-badan nasional atau regional seperti Kementerian Pendidikan Tinggi atau Lembaga Akreditasi Mandiri yang diakui pemerintah; secara resmi berlisensi atau berwenang untuk memberikan Gelar Sarjana dan/atau gelar Master dan Doktor; dan menyediakan kursus pendidikan tinggi terutama dalam format pembelajaran tatap muka tradisional yang disampaikan melalui fasilitas di tempat.

 

Pemeringkatan Universitas yang dilakukan UniRank saat ini juga didasarkan pada algoritma termasuk 4 metrik web yang tidak bias dan independen yang diambil dari 3 sumber yang berbeda. Yakni Majestic Referring Domain dengan Trust Flow minimum (55%); Peringkat Global Similarweb (35%); Otoritas Domain Moz (5%); dan Majestic Trust Flow (5%).

 

Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya, Prof. Akh. Muzakki, Grad.Dip.SEA., merasa sangat bangga atas capaian yang diraih UINSA tersebut. Menurut Rektor, capaian tersebut merupakan hasil kerja keras seluruh civitas akademika di UINSA.

 

Prof Muzakki menambahkan, bahwa saat ini UINSA terus berupaya meningkatkan kinerja dalam dunia pendidikan Indonesia. Serta akan terus berbenah untuk meningkatkan prestasi dan capaian-capaian di masa mendatang. Hal itu dilakukan dalam rangka terus meningkatkan daya saing UINSA, tidak hanya di kancah nasional tapi juga internasional.

 

Mengawali tahun 2024, alumnus The University Of Queensland, Australia ini mengenalkan Tiga Resolusi penting yang disebut dengan ‘Trisula Resolusi 2024.’ Terdiri dari Internasionalisasi, Hilirisasi Digital, dan Enterprising.

 

Lebih lanjut dijelaskan Rektor, bahwa Internasionalisasi mencakup menjadikan UINSA berstandar internasional baik dalam layanan maupun mutu akademik. Kedua, terkait Hilirisasi Digital. Hal ini merupakan pengembangan dari proses digitalisasi yang telah dilakukan UINSA selama 2023 melalui ‘My UINSA Super Apps.’ Tahun 2024, UINSA akan mulai melakukan integrasi dari seluruh proses layanan digital.

 

“Saya harus memberikan disclaimer, ini tidak ada kaitannya dengan pilpres, karena ini konsep yang cukup lama sudah beredar terkait dengan kemajuan teknologi digital,” tegas Prof. Muzakki. Hilirisasi digital yang disampaikan Rektor mencakup tiga komponen penting yakni Operasional, Pemasaran, dan Layanan Pelanggan.

 

Ketiga, enterprising. Yakni upaya-upaya strategis bisnis dalam rangka meningkatkan pendapatan universitas melalui kanal-kanal bisnis yang dimiliki UINSA.

 

Stronger together, together stronger, itu bukan hanya pantas ditayang di setiap unggahan, tapi dihayati di setiap penunaian tugas jabatan. Raihan di perangkingan UniRank ini bukti kebersamaan,” ujar Prof. Muzakki sekaligus mengenalkan tagline terbaru UINSA di tahun 2024.

 

Ungkapan terima kasih juga disampaikan Rektor kepada Menteri Agama, Direktur Jenderal Pendidikan Islam, serta Direktur Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama atas segenapa arah dan pendampingan yang diberikan kepada UINSA. Sehingga, berbagai capaian dan prestasi dapat diukir UINSA di berbagai sector khususnya Tri Dharma Perguruan Tinggi.

 

“Raihan ini hanyalah titik awal usaha yang kita semua lakukan. Kebersamaan masih tetap dibutuhkan. Untuk lompatan berikutnya yang diharapkan. Menuju kampus yang membanggakan. Di taraf nasional maupun internasional,” pungkas Prof. Muzakki.

 

Sebagai informasi, UniRank™ didirikan pada tahun 2005 dan menjadi salah satu portal pendidikan tinggi internasional terkemuka yang menampilkan ulasan dan peringkat lebih dari 13.900 Kampus yang diakui secara resmi di 200 negara. (Nur/Humas)