Berita

UINSA Newsroom, Selasa (30/04/2024); Resolusi Tahun 2024 UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya dengan Trisula Rektor, menjadi upaya ‘buy the future with the current price.’

Hal itu disampaikan Rektor pada pengarahan kegiatan ‘Penguatan Nilai Kerja UINSA dalam Resolusi 2024.’ Kegiatan ini digelar Trawas Mojokerto pada Senin-Selasa, 29-30 April 2024 bagi Tenaga Kependidikan.

Kepala Biro Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan (AUPK), Dr. H. Muhtar Hazawawi, M.Ag., selaku panitia kegiatan menyampaikan, bahwa kegiatan ‘Penguatan Nilai Kerja UINSA dalam Resolusi 2024’ digelar dalam upaya menjaga semangat dan motivasi kerja segenap tim manajemen pada UINSA Surabaya.

“Kita sesungguhnya ditakdirkan Allah di tempat yang mulia. Kita makan, minum, dan semua rezeki, kita berikan dari kemuliaan UINSA,” ujar Dr. Muhtar. Kabiro AUPK juga menyampaikan bahwa, kegiatan ini diharapkan mampu membangun super team dan team building yang kokoh.

Rektor UINSA, Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA., M.Phil., Ph.D., dalam pengarahannya menyampaikan, bahwa UINSA Surabaya terus berlari kencang untuk melakukan berbagai inovasi dan pembangunan dalam bidang Pendidikan. “Hidup ini nggak panjang. Yang ada adalah tantangan dan peluang. Yang dibutuhkan konsentrasi,” ujar Prof. Muzakki membuka pengarahan dengan simulasi permainan bersama para peserta kegiatan.

Rektor menegaskan, bahwa usia maupun jabatan tidaklah lama. Maka, penting untuk menangkap setiap peluang yang ada. “Jika tidak terlihat ‘hilal’nya (peluang, red), ciptakan!” imbuh Prof. Muzakki.

Dalam kesempatan ini, Rektor UINSA menyampaikan terkait Resolusi Tahun 2024 pada seganap tenaga kependidikan dan tim manajemen di lingkungan UINSA Surabaya. Rektor menegaskan bahwa dalam mengelola UINSA, terdapat dua hal yang harus menjadi perhatian yakni adanya Risk and Return. “UINSA hari ini kalau dikelola dengan model low risk, pasti low return,” ujar Prof. Muzakki pada sesi pengarahan.

Maka, lanjut Rektor, dalam menyongsong kinerja tahun 2024, UINSA perlu memiliki resolusi yang tepat sebagai hasil dari evaluasi selama satu tahun 2023. Menurut Rektor, Resolusi memiliki dua unsur, yakni Decision dan Promise. Karenanya, dalam kesempatan ini Rektor secara khusus mengenalkan tiga resolusi penting yang merujuk pada Rencana Strategis Bisnis (RSB) dan Rencana Strategis (Renstra) UINSA.

Tiga Resolusi penting yang disebut dengan ‘Trisula Resolusi 2024’ ini terdiri dari Internasionalisasi, Hilirisasi Digital, dan Enterprising. Lebih lanjut dijelaskan Rektor, bahwa Internasionalisasi mencakup menjadikan UINSA berstandar internasional baik dalam layanan maupun mutu akademik.

Kedua, terkait Hilirisasi Digital. Hal ini merupakan pengembangan dari proses digitalisasi yang telah dilakukan UINSA selama 2023 melalui ‘My UINSA Super Apps.’ Tahun 2024, UINSA mulai melakukan integrasi dari seluruh proses layanan digital. Hilirisasi digital yang disampaikan Rektor mencakup tiga komponen penting yakni Operasional, Pemasaran, dan Layanan Pelanggan.

Ketiga, enterprising. Yakni upaya-upaya strategis bisnis dalam rangka meningkatkan pendapatan universitas melalui kanal-kanal bisnis yang dimiliki UINSA. Terutama dibawah komando Pusat Pengembangan Bisnis UINSA.

Tak lupa, Rektor juga menegaskan kembali tentang tata kelola “University as an Academic Industry.” Dimana Rektor bertugas sebagai CEO yang bertugas menggerakkan seluruh komponen kampus agar bekerja sesuai dengan bidang dan tusi masing-masing.

Maka, di tahun 2024 UINSA memiliki lima nilai kerja yang harus mendasari langkah pencapaian kinerja. Yakni Satu Barisan, GPL (Gak Pakek Lama), Buy One Get Two, Berorientasi Pendapatan Akademik-Finansial, dan Clean and Clear.

Selain sesi motivasi, para peserta juga diajak untuk melakukan giat outbond training yang berusaha menumbuhkan sikap empati dan kekompakan tim. Para peserta terlihat antusias dan gembira mengikuti setiap rangkaian kegiatan. Termasuk kegiatan nobar timnas pertandingan semifinal Piala Asia U23 2024, Indonesia melawan Uzbekistan. (Nur/Humas)

Redaktur: Nur Hayati
Foto: MN Cahaya/Roziqin
Highlight: Rian