Berita

Pada Selasa (19/3), telah diselenggarakan pelantikan seluruh organisasi mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Filsafat yang salah satunya adalah Himpunan Mahasiswa Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (HMP-IAT), yang bertempat di gedung auditorium UINSA.

Sebulan setelah Ormawa resmi dilantik, tepatnya pada Minggu (21/4) pengurus HMP IAT mengadakan acara pra-raker. Pada acara tersebut dihadiri oleh seluruh pengurus HMP-IAT yang berjumlah 46 orang.

Acara pra-raker tersebut diawali dengan pembukaan sekaligus sambutan ketua umum HMP-IAT, kemudian dilanjutkan dengan bedah tema dan peresmian nama kabinet periode kepengurusan 2024-2025 dengan nama Kabinet Arcadia. Acara tersebut diakhiri dengan  acara seminar keorganisasian serta sarasehan bersama para pengurus demisioner. Pada pra-raker dan raker kali ini mengusung tema “Rekontruksi Networking: Upgrading Manajemen Organisasi dan Pemikiran Ilmiah Filosofis.”

Seminggu setelah diadakannya pra-raker tepatnya pada Sabtu (27/4), pengurus HMP IAT menyelenggarakan raker yang bertempat di aula gedung B3. Pelaksanaan acara tersebut  dipimpin langsung oleh saudara Muhammad Roqy Haikal sebagai ketua pelaksana sekaligus ketua umum HMP-IAT periode 2024-2025.

Acara rapat kerja tersebut diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan dengan sambutan ketua pelaksana dan pemaparan program kerja setiap divisi. Sebagaimana tahun sebelumnya, kepengurusan periode tahun 2024-2025 ini juga membagi pengurus HMP menjadi lima duvisi, di antaranya:

  1. Badan Pengurus Harian (BPH)
  2. Kajian Islam Strategis (KAISTRAT)
  3. Sosial Masyarakat (SOSMAS)
  4. Media dan Informasi (MEDINFO)
  5. Ekonomi Kreatif (EKRAF)

Rapat kerja Himpunan Mahasiswa Prodi Ilmu Al-qur’an dan Tafsir 2024-2025. (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Muhammad Roqy Haikal selaku Ketua HMP IAT menjelaskan bahwa visi-misinya dalam kepengurusan kali ini adalah ingin menjadikan HMP IAT lebih berkembang dan lebih eksis dalam bidang apapun. Dan beliau berharap kepada seluruh anggotanya agar lebih sadar, lebih peka terhadap keorganisasian dan berharap HMP IAT ini bisa menjadi wadah kepada seluruh mahasiswa dalam menyalurkan gagasan dan ide-idenya serta menjadi taman untuk melatih skill. Tentunya untuk meningkatkan value-value HMP IAT.

Muhammad Su’udi sebagai wakil ketua HMP IAT berharap agar HMP dan anggotanya menjadi sebuah wadah dan orang yang berpengaruh bukan terpengaruh, dan sadar akan identitas karena kesadaran akan identitas akan mewujudkan organisasi yang berkualitas. Beliau berpesan agar HMP ini bisa menjadi pengaruh positif bagi seluruh mahasiswa prodi IAT. “Semisal kita mengajak teman-teman untuk mengikuti kajian. Jadi dari pada kuliah pulang-kuliah pulang mending kita mengajak mereka mengisi kekosongan tersebut untuk mengasah intelektualnya melalui program kerja HMP berupa kajian tersebut,” ujarnya. Acara kemudian ditutup dengan foto bersama oleh seluruh pengurus HMP IAT periode 2024-2025. (Sulthan Rake Anjaz -Mahasiswa Fakultas ushuluddin dan Filsafat)