Berita

UINSA Newsroom, Senin (31/10/2022); Sebagai rangkaian kegiatan persiapan proses Inkubasi untuk mentransformasi Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas menuju Inkubator Wirausaha,  UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya bersama Kementerian Ketenagakerjaan RI  menggelar Persiapan Training of Trainer (TOT) Pelatihan BLK Komunitas menjadi Inkubator Kewirausahaan. Acara dibuka Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UINSA Surabaya, Achmad Room Fitrianto, SE, M.E.I, MA, Ph.D.  Acara berbasis ekonomi masyarakat ini digelar di Luminor Hotel Jemursari Surabaya, Jl. Raya Jemursari No. 206-208, Tenggilis Mejoyo Surabaya pada Jum’at-Minggu, 28-30 Oktober 2022.

Room Fitrianto menegaskan, bahwa tujuan kegiatan Persiapan TOT Pelatihan BLK Komunitas menjadi Inkubator Kewirausahaan Tahun 2022 ini adalah untuk menyelaraskan modul pelatihan  serta menyiapkan jadwal pelatihan bagi 125 BLK Komunitas terpilih. “Peranan UINSA tidak hanya sebagai mitra Kementerian Ketenagakerjaan dalam penyusunan materi dan kurikulum pelatihan. Namun juga akan ditunjuk sebagai trainer dan mentor yang akan mendampingi BLK komunitas terpilih dalam transformasi mereka menjadi inkubator wirausaha di komunitas dan daerah masing-masing,” ujar Room Fitrianto.

Persiapan TOT yang dihadiri Tim UINSA dan Tim Balai Besar Perluasan Kesempatan Kerja Direktorat Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Kementerian Ketenagakerjaan RI ini, menyelaraskan beberapa modul dari 5 macam pelatihan. Lima bentuk pelatihan tersebut adalah Pelatihan Variasi Usaha dan Potensi Aset, Pelatihan Pasar dan Pemasaran, Pelatihan Penyusunan Business Plan dan Pengembangan Usaha, Pelatihan Peningkatan Sumber Daya Manusia, dan Pelatihan Manajerial. Modul pelatihan tersebut dibedakan menjadi tiga kategori sesuai dengan pengkategorian BLK Komunitas yand terpilih mengikuti proses inkubasi, yaitu kategori Binaan, Berdaya, dan Mandiri. (elha-and)