Berita

Gunung Anyar, Surabaya – (12/08/2024) Tim media Fakultas Psikologi dan Kesehatan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (FPK UINSA) atau yang sering dikenal sebagai Digital Media Management (DMM FPK) merupakan tim yang tergabung dalam pengelolaan dokumentasi dan peliputan dalam berbagai kegiatan fakultas maupun kampus.

Mengikuti regenerasi anggota dan perkembangan tatanan media, DMM terus berupaya melakukan perbaikan. Langkah perbaikan ini disambut dukungan positif oleh pihak fakultas dengan memberikan kesempatan upgrading skill selama dua hari kepada enam belas mahasiswa FPK yang tergabung dalam DMM FPK periode 2023/2024.

Hari pertama kegiatan upgrading skill dimulai dari pukul 10.00-15.00 WIB dengan bertempat di ruang kelas lantai dua gedung FPK. Guna mendampingi selama proses upgrading, FPK mendatangkan Muhammad Nursandy, seorang lulusan Ilmu Komunikasi yang juga merupakan freelancer fotografi dan videografi. Dalam penyampaiannya, laki-laki yang akrab dipanggil Mas Sandy itu menjelaskan detail mulai dari hal paling mendasar tentang kamera dan fitur-fiturnya.

Fokus upgrading hari pertama ini memang mengacu pada dasar-dasar fotografi. Para peserta diajak untuk mengenal mulai dari jenis-jenis kamera dan lensa hingga dasar fotografi seperti segitiga exposure, teknik pengambilan gambar, dan macam-macam angle yang bisa dipakai dalam pengambilan gambar. Selama sesi, para peserta upgrading tak hanya mendengarkan materi secara satu arah, melainkan juga terlibat langsung dalam diskusi, serta mempraktikkan teori yang didapat pada akhir sesi.

Melalui upgrading hari pertama ini, harapannya DMM FPK mampu menghasilkan dokumentasi yang relevan dan berkualitas, sehingga pesan dan informasi yang tertangkap dalam sebuah foto, dapat tersampaikan dan diterima baik oleh khalayak.

Writer: Septi Nur Azizah
Editor: M. Ata Zaidan Taufiqi