Berita

Gunung Anyar, Surabaya – (13/08/2024) Melanjutkan kegiatan upgrading skill di hari pertama, Digital Media Management Fakultas Psikologi dan Kesehatan (DMM FPK) merambah pada teknik videografi. Setelah sebelumnya mempelajari tentang dasar-dasar kamera dan fotografi, di hari kedua ini, kegiatan difokuskan pada teknik pengambilan video yang berkaitan erat dengan produksi konten di akun sosial media FPK.

Arus media saat ini membuat konten dalam bentuk video jauh lebih diminati dibandingkan dengan media tulis. Hal ini menjadi tugas tersendiri khususnya bagi DMM FPK untuk terus membuat konten yang informatif namun juga menarik. Masih bersama dengan Muhammad Nursandy sebagai mentor upgrading skill videografi, kegiatan hari kedua ini dimulai lebih awal pada pukul 09.00 WIB dan berakhir pada 14.00 WIB, lebih cepat dari sebelumnya.

Pada sesi pertama, laki-laki yang akrab dipanggil Mas Sandy itu membuka kesempatan sharing dan diskusi pengalaman anggota DMM selama melakukan pengambilan video. Satu catatan yang perlu digarisbawahi dari sesi sharing ini adalah fakta bahwa DMM FPK masih bekerja dengan mengandalkan feeling, sehingga ditekankan kembali perlunya mempelajari teknik dasar videografi yang akan memudahkan proses pengambilan video.

Berikutnya, para peserta upgrading dikenalkan dengan teknik pengambilan gambar, jenis-jenis angle, hingga setting kamera yang digunakan berdasarkan jenis kamera dan lensa yang dimiliki DMM FPK saat ini. Sebelum mengakhiri sesi kedua, Mas Sandy turut menyampaikan bahwa, “Tak hanya mengedepankan teknik, perangkat yang mumpuni juga sangat berpengaruh terhadap video yang dihasilkan,” ungkapnya.

Pada sesi terakhir, sama seperti hari sebelumnya para peserta upgrading diberikan kesempatan mempraktikkan teori yang sudah dipelajari. Praktik pengambilan video ini dilakukan oleh satu persatu peserta secara bergantian untuk mempermudah koreksi dan pemberian masukan. “Selain teori dan perangkat, jam terbang juga sangat berpengaruh. Jadi, usahakan untuk latihan terus, latihan terus,” ujarnya sebagai penutup kegiatan upgrading skill hari kedua.

Pengadaan upgrading skill selama dua hari ini merupakan bentuk ikhtiar FPK untuk memfasilitasi anggota DMM dalam perbaikan kualitas liputan yang dihasilkan. Harapannya, melalui rangkaian kegiatan yang telah terlaksana ini, DMM FPK bisa menghasilkan lebih banyak konten berkualitas dan informatif kedepannya.

Writer: Septi Nur Azizah
Editor: M. Ata Zaidan Taufiqi