Kamis, 13 Juli 2023 – InoverseLab berkolaborasi dengan Eppendorf untuk menyelenggarakan kegiatan Instrumental Laboratory Workshop di Kampus Gunung Anyar UIN Sunan Ampel Surabaya. Kegiatan ini bukan hanya diperuntukkan bagi mahasiswa FST UINSA, melainkan dapat diikuti oleh mahasiswa dari instansi lain. Pelatihan yang diikuti oleh 68 peserta ini bertemakan “Basic of Pipetting: Principle, Proper Handling, and Maintenance. Centrifugation: Basic Application” . Peserta yang mengikuti kegiatan ini diharapkan dapat memiliki keterampilan dalam hal menggunakan mikropipet dan sentrifus sehingga dapat menunjang penelitian dan praktikum mahasiswa.

Pak Hendy Dwi Warmiko, S.Si., M.M menyampaikan materi terkait mikropipet dan alat sentrifugasi
Alat laboratorium yang digunakan untuk practical session terdiri atas mikropipet, electronic pipette, multipipette, dan lain-lain

Kegiatan ini diselenggarakan mulai pukul 09.00-12.00 WIB, yang sebagian besar diisi dengan sesi pemaparan materi. Pada kegiatan ini, dihadiri langsung oleh Dekan FST UINSA yaitu Dr. Asep Saepul Hamdani, M.Pd. Beliau sangat mendukung kegiatan ini karena urgensi dari kegiatan ini yang dapat menunjang kreativitas mahasiswa dalam kegiatan di laboratorium seperti praktikum dan penelitian. Hal tersebut disampaikan oleh beliau dalam sambutannya. Selain itu, dalam sambutannya beliau juga mengapresiasi InoverseLab FST dan Eppendorf yang telah melaksanakan workshop ini yang tentunya dapat memberikan pemahaman bagi peserta workshop terkait pengggunaan mikropipet dan sentrifus.

Penyerahan doorprize dan hadiah kepada pemenang kuiz

Pemateri dalam kegiatan ini diisi oleh pihak Eppendorf yaitu Hendy Dwi Warmiko, S.Si., M.M. yang merupakan manager Eppendorf wilayah asia pasifik. Beliau memaparkan materi tentang profil eppendorf, sejarah eppendorf, mikropipet dan sentrifus. Disamping itu, beliau juga mempraktikkan cara penggunaan mikropipet yang benar agar hasil yang didapatkan akurat dan presisi. Selama kegiatan ini berlangsung, peserta diberikan kesempatan untuk mencoba menggunakan mikropipet yang merupakan produk dari Eppendorf sehingga peserta dapat mengaplikasikan teori yang dipaparkan oleh pemateri secara langsung. Di akhir sesi materi, peserta diminta untuk mengisi kuisioner sebagai evaluasi dari materi yang telah dipresentasikan. Peserta yang mendapatkan hasil kuisioner terbaik diberikan doorprize sebagai apresiasi dari pihak Eppendorf.

Foto bersama panitia yang terdiri dari tim Inoverselab FST UINSA

Credit: MUF