Berita

Studi Banding HMTL UIN Sunan Ampel Surabaya X HIMATEKPL Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya

Surabaya, 20 September 2023 — Manusia merupakan makhluk sosial yang mana dalam kehidupan sehari-harinya manusia tidak dapat hidup sendiri atau mencukupi kebutuhan sendiri. Kehidupan manusia cukup beragam, misalnya kebutuhan untuk berhubungan dengan orang lain, kebutuhan keamanan, kebutuhan pendidikan, dan kebutuhan kesehatan. kebutuhan untuk berhubungan dengan orang lain sangatlah penting seperti contoh di kegiatan Studi Banding. Dengan Studi Banding tidak hanya kebutuhan yang berhubungan dengan orang lain saja yang terpenuhi melainkan kebutuhan lainya juga dapat terpenuhi. Di kesempatan ini HMTL UIN Sunan Ampel Surabaya telah melaksanakan Studi Banding yang ke 2 kalinya dengan HIMATEKPL Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 9 September 2023.

Kegiatan Studi Banding dimulai pada pukul 12.30 s.d selesai yang diawali dengan pembukaan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya kemudian dilanjutkan dengan sambutan Ketua Pelaksana dan Kahima dari setiap Himpunan Mahasiswa. Pelaksanaan Studi Banding ini dihadiri oleh 139 mahasiswa diantaranya terdiri dari Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya sebanyak 67 mahasiswa dan Himpunan Mahasiswa Teknik Pengolahan Limbah Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya sebanyak 72 mahasiswa.

Kegiatan Studi Banding ini berisi pemaparan materi mengenai progam kerja dan agenda setiap himpunan yang dimana pemaparan materi tersebut dibawakan langsung oleh ketua dari masing-masing himpunan lalu dilanjutkan sesi tanya jawab mengenai pemaparan tersebut.

Kemudian dari setiap departemen Himpunan Mahasiswa membentuk kelompok (FGD) yang dimana kelompok tersebut disesuaikan dengan bidangnya untuk melakukan sharing session  saling berdiskusi serta bertukar pikiran mengenai program kerja, agenda dan sistem perkuliahan di masing masing jurusan.

Diakhir kegiatan kedua belah pihak saling memberikan cindera mata lalu kemudian di tutup dengan doa dan dokumentasi bersama.

Dari kegiatan Studi Banding dengan tema ini diharapkan kedua belah pihak saling mempererat tali silaturahmi, dapat berkolaborasi dalam setiap kegiatan dan meningkatkan kinerja dari masing masing organisasi serta dapat mengevaluasi diri sendiri untuk lebih baik kedepannya.