Berita

Surabaya — (19/07/2024) Fakultas Psikologi dan Kesehatan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (FPK UINSA) adakan Student Academic Short Camp 2024 dengan tema, “Transforming Wellbeing Enforced by Nature and Culture”. Destinasi tujuan kali ini adalah Kabupaten Banyuwangi. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat sampai Minggu, 19-21 Juli 2024.

Pembukaan dilakukan di Auditorium Lantai 2 Gedung FPK Kampus Gunung Anyar pukul 09.30 WIB yang dihadiri oleh Prof. Dr. Abdul Muhid, M.Si., selaku Wakil Rektor (Warek) III; dan segenap jajaran tim Unit Pengelola Program Studi (UPPS) FPK beserta 20 peserta yang merupakan mahasiswa internasional dari berbagai negara, yaitu dari Myanmar, China, Pakistan, Mesir, Afghanistan hingga Yaman dan Sudan Selatan.

Kegiatan dibuka secara resmi pukul 10.00 WIB oleh Warek III. “Penguatan soft-skill mahasiswa dalam cross-culture social interaction menjadi output kegiatan kali ini. Harapannya mampu meningkatkan adaptability skill mahasiswa di era abad 21 ini. Tak hanya itu saja, kegiatan ini mampu meningkatkan penjaminan mutu akreditasi internasional,” tutur Prof. Muhid, ketika memberikan sambutan pembuka kegiatan.

Beralih pada agenda berikutnya yakni pemberangkatan peserta dan panitia menuju Banyuwangi pukul 12.00 WIB. Perjalanan ditempuh selama 10 jam dan tiba di tempat tujuan yakni Pinus Camp Songgon, Banyuwangi. Kebersamaan para mahasiswa manca negara pada malam api unggun menjadi momentum yang tepat untuk meningkatkan toleransi terhadap perbedaan budaya.

Terselenggaranya hari pertama Student Academic Short Camp menjadi langkah awal dalam merealisasikan tema yang diangkat, “Transforming Wellbeing Enforced by Nature and Culture.” Harapan besar mahasiswa dapat mendorong pemahaman dan meningkatkan kesejahteraan melalui pendekatan yang memadukan alam dan budaya.

Writer: Cahaya Kamila Ashari
Editor: Najwa Laska Halqi, M. Ata Zaidan Taufiqi