LPM News, 12/11/2024. UINSA mengadakan kegiatan Evaluasi Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) dan Sekolah Marketing Perguruan Tinggi di di Hotel The Rich Jogya, selama tiga hari, tanggal 11-13 Nopember 2024. Menjadi narsum di Sekolah Marketing Perguruan Tinggi rektor UINSA, Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad. Dip.SEA., M.Phil., Ph. D.
Rektor UINSA mengatakan,” Strategi marketing dan sales untuk menambah pasar mahasiswa UINSA tidak boleh dilakukan biasa-biasa saja. “Strategi Marketing 117” adalah strategi yang dapat dilakukan oleh perguruan tinggi, khususnya UPPS. Terdapat dua unsur penting dalam strategi marketing 117 yaitu menetapkan tujuan dan langkah strategis yang dilakukan untuk mencapai tujuan. Tujuan yang jelas membantu perguruan tinggi, khususnya UPPS, merumuskan langkah-langkah strategis yang relevan”.
Diantara yang menjadi tujuan utama strategi marketing perguruan tinggi adalah meningkatkan jumlah mahasiswa baru, termasuk menarik calon mahasiswa dari berbagai latar belakang dan wilayah. Selanjutnya membangun citra perguruan tinggi untukmembangun atau memperkuat citra institusi sebagai tempat pendidikan berkualitas, relevan, dan sesuai dengan kebutuhan pasar kerja. Tujuan yang terakhir adalah mengoptimalkan kepuasan mahasiswauntuk memastikan kepuasan mahasiswa yang sudah ada sebagai strategi pemasaran berkelanjutan, karena mahasiswa yang puas cenderung memberikan rekomendasi positif.
Setelah mengetahui tujuan strategis, selanjutnya menetapkan Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mewujudkannya. Pertama memahami kebutuhan calon mahasiswa dan faktor-faktor yang memengaruhi pilihan mereka, seperti lokasi, biaya, reputasi, program studi, dan peluang karier. Kedua, melakukan pemasaran digital dan media sosial: menggunakan platform digital seperti media sosial, website, dan kampanye iklan digital adalah langkah strategis yang penting untuk menjangkau calon mahasiswa. Media digital memungkinkan penyebaran informasi yang lebih luas dan cepat serta memanfaatkan tren seperti video viral. Ketiga, mempromosikan program unggulan, prestasi fakultas atau dosen, dan fasilitas khusus yang membedakan perguruan tinggi dari kompetitor lainnya. Keempat, melakukan evaluasi berkala untuk mengukur efektivitas strategi marketing yang telah dilakukan, sehingga dapat dioptimalkan atau diperbaiki sesuai dengan hasil yang diperoleh.
Dengan melakukan strategi marketing perguruan tinggi diatas diharapkan dapat meningkatkan pasar mahasiswa yang memilih UINSA sebagai tempat menimba ilmu dan mengembangkan potensi dan kompetensi. Dengan berbagai program studi yang dirancang untuk menjawab kebutuhan zaman. Selain itu diharapkan agar UINSA menjadi pilihan utama bagi para calon mahasiswa yang berkeinginan kuat untuk berkembang, baik secara akademik maupun spiritual. Amin [lila]
UINSA Surabaya:
Building Character Qualities: for the Smart, Pious, and Honourable Nation
Stronger Together
Together Stronger
#BanggaUINSA
#AyoKuliahdiUINSA
#ItsMyDream
#ItsMyDestination
#UINSASurabaya
#UINSAJaya
#UINSAAkreditasiUnggul