SISWA MUALLAF DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH (Problematika dan Solusinya)

Penulis : Mukarromah, M.Pd.I.
Penyunting : M. Yusuf
Desain Sampul : Ucup
Layouter : Ucup
Hlm : xii + 288 hal; 14,8 x 21 cm
ISBN : Proses
Sinopsis :
Manusia dianugerahi fitrah, yaitu kemampuan alamiah untuk mengimani Allah swt dan menjalankan ajaran-Nya, sehingga disebut homo religius atau makhluk beragama. Fitrah ini dapat berkembang baik atau buruk tergantung pendidikan yang diterima. Dari fitrah tersebut, muncul kemungkinan terjadinya konversi agama, yaitu perpindahan keyakinan. Dalam Islam, orang yang baru masuk Islam disebut muallaf, yang masih memiliki pengetahuan terbatas tentang ajaran Islam. Di sekolah, muallaf sering mengalami kesulitan dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) karena keterbatasan pemahaman. Oleh sebab itu, perlu solusi khusus agar mereka dapat memahami dan mengamalkan ajaran Islam dengan baik.
Buku ini mengupas secara mendalam konsep dasar pembelajaran PAI dan dinamika yang dialami siswa muallaf dari proses konversi agama, pergulatan batin, hingga tantangan yang mereka hadapi di ruang kelas PAI. Melalui pendekatan teoritis dan studi lapangan di salah satu SMA di Kota Sidoarjo, buku ini menawarkan pemahaman komprehensif tentang problematika sekaligus solusi nyata dalam pembelajaran PAI yang inklusif dan humanis. Diperuntukkan bagi pendidik, pembina keagamaan, mahasiswa, dan pemerhati pendidikan Islam, buku ini menjadi rujukan penting untuk menciptakan ruang belajar yang ramah, empatik, dan transformatif bagi siswa muallaf.