Berita

UIN Sunan Ampel Surabaya

Monday, 22 August 2022

 KKN 44 UINSA SUKSESKAN KEGIATAN WISUDA PAKET

UINSA Newsroom, Senin (22/08/2022); Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya sebagai bentuk pengabdian pada masyarakat. Diantara beberapa Kelompok KKN UINSA yaitu Kelompok KKN 44 yang dilaksanakan di Desa Yosowilangun Kidul, Kecamatan Yosowilangun, Kabupaten Lumajang.

Kelompok KKN 44 memiliki beberapa program kerja yang salah satunya yakni diadakannya Wisuda Paket C dan Paket B. Terdapat 30 warga Desa Yosowilangun menghadiri acara wisuda paket atau pendidikan kesetaraan yang digagas Pemerintah Desa Yosowilangun Kidul.

Program kerja ini didukung Zainul Anwar selaku Kepala Desa Yosowilangun Kidul dan Kepala Sekolah paket B dan C. Menurut Sekretaris Desa, Iklima, masyarakat Yosowilangun Kidul sangat antusias untuk melanjutkan belajar melalui pendidikan kesetaraan. Kendatipun sebagian dari mereka telah berumah tangga. Sehingga tidaklah sempurna jika seorang yang mengenyam pendidikan tanpa adanya apresiasi layaknya sebuah penghargaan seperti wisuda.

Kelompok KKN 44, selaku agent of change untuk masyarakat Yosowilangun Kidul dengan diadakannya wisuda Paket B dan Paket C memiliki dua tujuan utama. Pertama, tujuan dari kegiatan tersebut untuk membangun semangat belajar kepada masyarakat Yosowilangun Kidul yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya sebagai SLTA.

Kedua, melalui program pendidikan kesetaraan ini pemerintah desa berharap, bahwa nantinya Warga Yosowilangun Kidul dapat memperoleh pendidikan yang lebih tinggi dan memberikan kesempatan kepada warganya untuk memperoleh pekerjaan yang lebih baik dari sebelumnya. (KKN44/UINSA)