Berita
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UIN Sunan Ampel Surabaya menyelenggarakan silaturahim akademik pimpinan dan orang tua wali mahasiswa baru tahun angkatan 2023, Selasa (19/09/2023).

Acara silaturahim ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan FISIP UINSA sebagai wadah silaturrahim antar pimpinan dan orang tua wali mahasiswa. Selain itu,acara tersebut juga dalam rangka menerima masukan dari para orang tua mahasiswa guna perbaikan layanan pendidikan di FISIP UINSA.
   
Dekan FISIP, Prof. Dr. H. Abd Chalik, M.Ag membuka secara langsung.  Dalam sambutannya Abd Chalik, menyampaikan salam silaturahmi kepada orang tua wali mahasiswa karena telah berkenan datang di Gedung FISIP UIN Sunan Ampel Surabaya. Menurutnya, pimpinan menyambut senang dan bahagia  atas kesediaan para orang tua wali mahasiswa untuk hadir baik secara luring maupun daring pada acara bersilaturahmi ini. “Kami bahagia bisa bersilaturrahmi dengan bapak dan ibu semua” tambahnya.

Selanjutnya kegiatan silaturahim akademik ini diisi dengan penjelasan tentang sistem akademik, sistem pengelolaan keuangan dengan sistem uang kuliah tunggal (UKT), pembinaan kemahasiswaan, visi dan misi program studi, penciri 3 program studi, mekanisme pemberian bantuan dana beasiswa dan bantuan zakat, serta unit-unit pengembangan untuk mahasiswa di level fakultas.

Wakil Dekan I, Dr. Iva Yulianti Umdatul Izzah, M.Si, Wakil Dekan II, Dr. Aneik Nurhayati, M.Si dan Wakil Dekan III, Dr. H. Moh. Syaeful Bahar, M.Si turut menjelaskan tentang tanggung jawab, tugas dan kerja-kerja manajemen yang selama ini dilakukan pimpinan FISIP. Menurut mereka, pimpinan FISIP telah bekerja keras dan melakukan inovasi secara intensif demi menciptakan iklim kuliah dan layanan pendidikan yang prima dan baik bagi mahaiswa.

Salah satunya layanan yang diberikan fisip kepada mahasiswa berupa pemberian fasilitas terbaik seperti smart tv, ruang ber AC, laboratorium praktik, kegiatan berbasis keterampilan, student mobility, program pendampingan, pembinaan keterampilan dan dan KKN Internasional.

Sementara orang tua wali mahasiswa, setelah mendapat penjelasan, sebagian besar mengaku kagum terhadap fasilitas di FISIP UIN Sunan Ampel Surabaya. Menurut mereka UINSA telah mengalami kemajuan yang pesat dari sisi fasilitas, kurikulum hingga manajemen. “Senang sekali mendapatkan penjelasan dari Bapak/Ibu tentang pelayanan akademik di FISIP, tak salah anak saya memilih berkuliah di FISIP” ungkap salah satu orang tua wali mahasiswa yang berasal dari Aceh.

Sementara di akhir acara, pimpinan FISIP dan orang tua wali mahasiswa menyepakati untuk membentuk IKOMA (Ikatan Keluarga Orang Tua Mahasiswa) untuk menfasilitasi komunikasi antar wali mahasiswa dengan kampus.

(umam)