Berita

Pendidikan Bahasa Inggris

Tuesday, 23 August 2022

Siapkan Lembaran Baru Perkuliahan Gasal 2022/2023, Prodi PBI Gelar Rapat Dosen

Seiring dengan melandainya kasus Covid-19, kegiatan-kegiatan termasuk didalamnya kegiatan akademik di UIN Sunan Ampel Surabaya juga mulai kembali normal. Pada semester genap 2021/2022 yang lalu, perkuliahan telah dilaksanakan dengan moda hybrid untuk mahasiswa yang duduk di semester 6 dan moda luring penuh untuk mahasiswa yang lain. Untuk yang dilaksanakan secara luring, tentu telah dilaksanakan dengan mematuhi protocol kesehatan yang ketat.

Menyongsong masa perkuliahan semester gasal tahun akademik 2022/2023, pada Selasa, 23 Agustus 2022, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) menyelenggarakan rapat dosen. Tujuan dari rapat rutin di awal semester ini adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan perkuliahan pada semester genap 2021/2022 dan menyiapkan perkuliahan gasal 2022/2023. Kegiatan diawali dengan arahan Dekan Fakultas Tarbiyah secara umum untuk seluruh dosen fakultas di lantai 4. Dalam arahannya, Prof. Dr. H. Muhammad Thohir, M. Pd menyampaikan bahwa seluruh unit yang ada di UINSA, termasuk FTK perlu melakukan langkah-langkah konkrit untuk mewujudkan visi UINSA untuk menjadi perguruan tinggi yang unggul dan kompetitif bertaraf internasional. Visi universitas ini ini kemudian diterjemahkan menjadi visi rektor yaitu UINSA sebagai writing university, karena salah satu indikator dari universitas bereputasi internasional adalah jumlah dan kualitas publikasi. Skema yang dilakukan oleh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan adalah dengan membentuk pusat studi sebagai lembaga non-struktural di setiap prodi. Pusat studi ini yang akan mengkoordinir dan melaksanakan kajian-kajian keilmuan pada bidang garapan prodi. Untuk menuju writing university, diharapkan dalam setiap perkuliahan dapat mengintegrasikan tugas penelitian dan pengabdian. Tugas ini diharapkan dapat dipublikasikan dalam bentuk artikel secara kolaboratif. Secara teknis, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan menyampaikan beberapa hal terkait persiapan perkuliahan adalah pembahasan Rencana Perkuliahan Semester oleh dosen rumpun keilmuan, validasi RPS oleh Tim Gugus Kendali Mutu dan pengunggahan RPS pada SINAU sebelum masa perkuliahan dimulai.  Ini adalah bagian dari proses penetapan target perkuliahan pada siklus PPEPP (Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi (pelaksanaan), Pengendalian, dan Peningkatan Standar Dikti).

Setelah pengarahan dari Dekan, Prodi PBI melanjutkan dengan rapat internal prodi.  Pada kesempatan ini Ketua Juruan Pendidikan Bahasa, Moh. Faizin, M. Pd. I menegaskan kembali terkait dokumen yang diperlukan untuk persiapan perkuliahan dan diskusi dosen rumpun bidang ilmu. Selain itu, selama perkuliahan juga akan dilaksanakan monitoring. Unsur utama monitoring adalah ketepatan dosen melaksanakan perkuliahan sesuai jadwal dan target setiap pertemuan dengan melakukan visitasi dan survey kepada mahasiswa dan evaluasi kesesuaian pelaksanaan perkuliahan dengan kontrak belajar. Monitoring dan validasi juga akan dilaksanakan untuk kegiatan penilaian tengah semester dan penilaian akhir semester. Selain itu, pembelajaran harus mengintegrasikan PkM. Pada setiap semester juga akan diadakan audit mutu internal oleh Gugus Kendali Mutu.

Lebih lanjut, Rakhmawati, Ketua Prodi menegaskan bahwa pada Prodi PBI, karena sudah terbiasa melaksanakan service learning sebagai bentuk integrasi, untuk kegiatan SL mulai semester ini dilaksanakan dibawah koordinasi Pusat Studi Service Learning (Foreign Language Service Learning Center). Hal yang perlu dikoordinasikan kembali oleh dosen rumpun mata kuliah sejenis adalah adanya integrasi kegiatan service learning. Sehingga diharapkan dalam satu kali melaksanakan service learning, mahasiswa dapat menghasilkan beberapa output sesuai dengan tagihan beberapa mata kuliah.

Hal lain yang perlu menjadi perhatian adalah terkait kelulusan tepat waktu. Sehingga setiap dosen wali diharapkan selalu memonitor perkembangan studi mahasiswa.  Untuk kegiatan diskusi penelitian dosen dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat mulai semester ini akan dilaksanakan secara kolaboratif dengan Prodi PBI/TBI PTKIN yang sudah memiliki MoA. Seluruh yang direncanakan untuk menyambut pecan perkuliahan yang jatuh pada tanggal 5 September 2022 mendatang merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan pelaksanaan seluruh darma perguruan tinggi.