Berita

Pendidikan Matematika

Thursday, 5 January 2023

SEMINAR NASIONAL "IMPROVE YOUR TEACHING INNOVATION MINDSET IN THE SOCIETY OF 5.0 ERA WITH HIMAPTIKA"

Rabu, 04 Januari 2023 – HIMAPTIKA Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan mengadakan kegiatan Seminar Nasional Pendidikan dengan tema “Improve your Teaching Innovation Mindset In The Society of 5.0 Era’. Pemateri pada kegiatan seminar ini merupakan Lulusan Terbaik Prodi Pendidikan Matematika UINSA di tahun 2021 yaitu Habsanul Aisyah, S.Pd. Selain itu pemateri merupakan Trainer Griya Cerdas Indonesia (GRIN) untuk guru, orangtua dan mahasiswa.

Kegiatan ini dihadiri oleh pejabat dari dekatan yaitu Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Achmad Muhibin Zuhri, M.Ag. beserta jajaran pejabat Jurusan Pendidikan MIPA yaitu Dr. Siti Lailiyah, M.Si dan juga Dr. Aning Wida Yanti, S.SI., M.Pd. beserta Ketua Prodi Pendidikan Matematika, Dr. Sutini, M.Si. Pada seminar kali ini pemateri menyampaikan terkait dengan pengetahuan Society 5.0 yang merupakan revolusi berpusat pada manusia (human-centered) dan berbasis teknologi (technology based) dan diharapkan dapat menciptakan nilai yang baru melalui perkembangan teknologi canggih dapat mengurangi adanya kesenjangan antara manusia dengan masalah ekonomi kedepannya serta sebagai solusi dari revolusi industri 4.0.

Manfaat yang bisa dicapai pada society 5.0 antara lain mewujudkan masyarakat dimana manusia manusia di dalamnya benar-benar menikmati hidup dan merasa nyaman, mengintegrasi ruang maya dan ruang fisik menjadi satu sehingga semua hal menjadi lebih mudah dengan dilengkapi Artificial Integelence, dan Internet of Things (IoT) yang mampu menghubungkan manusia dengan segala sesuatu bebas dan tanpa batas.