Berita

SEMAKIN DIPERCAYA STAKEHOLDER: MA’HAD UINSA MENERIMA STUDI BANDING DARI IAIN PALOPO

Dipertengahan bulan Maret tahun 2023, tepatnya 13 Maret 2023 Pusat Ma’had Al-Jami’ah UIN Sunan Ampel Surabaya menerima kunjungan dari Unit Ma’had Al-Jami’ah IAIN Palopo. Rombongan dari IAIN Palopo disambut langsung oleh Kepala Pusat Ma’had (kapus, red), sekeretaris, koordinator bidang serta perwakilan dari muwajjih/ah ma’had UINSA.

Dr. Mardi Takwim, M.HI – Kepala Unit Ma’had Al-Jami’ah IAIN Palapo menyampaikan maksud dan tujuannya melakukan studi banding ke Pusat Ma’had Al-Jami’ah UIN Sunan Ampel Surabaya. Beliau menyampaikan ingin belajar, mendengar bagaimana pengelolaan Ma’had yang baik dari Ma’had  Al-Jami’ah di UIN Sunan Ampel Surabaya.

Kepala Pusat Ma’had Al-Jami’ah UIN Sunan Ampel Surabaya Prof. Dr. H. Saiful Jazil, M.Ag menyambut dengan tangan terbuka kedatangan Tim Unit Ma’had Al-Jami’ah IAIN Palopo di Ruang Rapat Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama. Selaras dengan Itu Prof. Dr. Abd. Muhid, M.Si – Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama menginginkan acara ini bukan sekedar studi banding melainkan benchmarking sehingga kita bisa saling bertukar pendapat, pikirian, program yang bisa diaplikasikan di masing-masing lembaga.

Dalam kesempatan yang sama UIN Sunan Ampel Surabaya akan selalu membackup Ma’had secara menyeluruh baik dari sisi materi, anggaran dan fasilitas dalam upaya pengembangan Ma’had UIN Sunan Ampel Surabaya. Ibaratnya Ma’had merupakan sayap bagi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri khususnya dalam pembentukan akhlak, karakter yang mulia. Imbuh Prof. Dr. Wiwik Sertiyani, M.Ag – Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan.

Kegiatan diskusi dan tanya jawab berjalan dengan intens. Tim Ma’had IAIN Palopo benar-benar memanfaatkan waktu dengan banyak bertanya bagaimana pengelolaan Ma’had yang ada di UIN Sunan Ampel Surabaya. Mulai dari program, strategi sampai pengalokasian penganggaran pembiayaan yang ada.

Akhirnya kegiatan diskusi berakhir dengan penyerahanan cinderamata dari IAIN Palopo serta penandatanganan Perjanjian Kerjasama Memorandum of Agreement (MoA) antara Pusat Ma’had Al-Jami’ah UINSA dengan Unit Ma’had Al-Jami’ah IAIN Palopo. UINSA bangga dan sangat terbuka menjadi rujukan kampus lain dalam pengelolaan Ma’had Al-Jami’ah.[ibn]