Berita

Sebanyak 11 (sebelas) dosen Fisip Uinsa diundang dalam acara rapat komisi di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gresik, selasa (21/02/2023). Acara rapat komisi ini merupakan agenda tindak lanjut terkait kerjasama penyusunan laporan akhir tahun kinerja DPRD Kabupaten Gresik tahun 2022.

Rapat komisi I dipimpin langsung Ketua Komisi I Muchammad Zaifudin, anggota DPRD dari partai Gerindra. Hadir dalam rapat,  Miftahol Jannah, Anggota Dewan dari Partai Golkar, Ifta Hidayati dari dari Partai Demokrat, Husnol Aqib dan Hudaifah dari Partai Kebangkitan Bangsa. Sementara dari Fisip, hadir sebagai Ahli Zaky Ismail, Laili Bariroh dan Moh. Khoirul Umam.  

Dalam acara yang berlangsung sekitar kurang lebih 30 menit tersebut, Muchammad Zaifudin mengatakan, bahwa laporan kinerja dimaksudkan untuk memberi penilaian dan evaluasi terhadap kinerja serta capaian DPRD Kabupaten Gresik sepanjang tahun 2022.  Menurutnya, kedatangan dosen Fisip sebagai ahli sangat penting guna memberi imput (masukan) dan rekomendasi terkait kinerja DPRD Kabupaten Gresik.

Menurut Muchammad Zaifudin, salah satu capaian Komisi I Bidang Hukum dan Pemerintahan diantaranya telah berhasil menyusun 2 Perda, pertama tentang BUMDes, kedua tentang Bantuan Hukum bagi Masyarakat Miskin. Serta sejumlah keberhasilan lainnya yang terkait dengan fungsi DPR yaitu legislasi, controlling dan budgeting. Meski demikian menurutnya masih ada beberapa yang dirasa masih normatif diantaranya terhadap penyelesaian laporan masyarakat terkait masalah tanah yang sampai saat ini,  DPRD  berperan sebagai mediator.

Sementara itu, Zaky Ismail, menyampaikan, bahwa pihaknya berterimakasih karena telah diundang dalam acara rapat komisi I DPRD Kabupaten Gresik. Menurutnya ekplorasi capaian kinerja dapat dijelaskan ke dalam laporan akhir seperti yang telah dilakukan oleh DPRD Kabupaten Gresik di tahun sebelumnya. Hal itu berguna sebagai pertanggung jawaban dewan kepada masyarakat.

Dalam moment yang sama, Laili Bariroh menanyakan tentang program kerja Komisi I selama satu tahun, relasi dan hubungan Komisi I dengan mitra dan performa DPRD selama satu tahun. Menurutnya beberapa hal yang telah disebutkan menjadi bahan ekplorasi dan analisis mengenai indikator keberhasil kinerja anggota dewan.

Menanggapi pertanyaan tersebut, Ketua Komisi I, Muchmmad Zaifudin dan Miftahol Jannah, Anggota Dewan dari Partai Golkar mengatakan, bahwa komisi I pada awal tahun telah menyusun dan menetapkan Rencana Kerja Tahunan (Renja) tahun 2022. Sementara terkait dengan mitra seperti Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Satuan Polisi Pamung Praja (Satpol PP), Pemerintah Desa (Pemdes),  Komisi I selalu melakukan fungsi pengawasan (controlling). “kami selalu hadir dalam forum group discussion yang diadakan mitra” jelas mereka.

Sekedar untuk diketahui, rapat komisi DPRD Kabupaten Gresik juga dilaksanakan secara bersamaan oleh komisi II, komisi III dan komisi IV . Hadir sebagai ahli dosen-dosen Fisip Uinsa, Moh. Ilyas Rolis, Amal Taufiq, Dwi Setianingsih, Ajeng Widya Prakasita, Masitah Effendi, Samsul Arifin, dan Abd Aziz.

(umam)