Berita

“SCC Berbagi Bersama” oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan UIN Sunan Ampel Surabaya

Dalam islam kita diajarkan untuk untuk hidup penuh kepedulian dengan berbagi kepada sesama. Bahkan untuk berbagi tidak harus menunggu kaya. Berbagi adalah murni kesadaran diri dan ketulusan hati. Dengan berbagi seorang muslim bisa memiliki tabungan akhirat. Selain itu, berbagi dapat memberikan ketenangan dan keberkahan dalam hidup.

Berkenaan dengan berbagi allah berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 125:

“Mereka bertanya kepada engkau tentang apa yang mereka infakkan, Jawablah! Apa sahaja harta yang kamu infakkan hendaklah diberikan kepada ibu bapa, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan. Dan apa sahaja kebajikan yang kamu buat, maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahui” (Al-Baqarah : 215).

SCC Berbagi Bersama adalah kegiatan pemberian makanan kepada masyarakat kurang mampu (fakir miskin), tukang becak, dan pemulung oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan UINSA. Kegiatan ini dilaksanakan, karena termasuk dalam salah satu rangkaian kegiatan dari Program Kerja SCC yang dilaksanakan sebanyak 2 kali pada satu periode kepengurusan.

Pelaksanaan SCC Berbagi Bersama ini merupakan wadah bagi mahasiswa Teknik Lingkungan UINSA untuk membagikan sedikit dari rizkinya kepada orang yang lebih membutuhkan. Sebelum pelaksanaan SCC Berbagi Bersama I, panitia melakukan open donasi setiap hari jumat secara offline maupun online melalui Gerakan Berbagi Kebaikan (GEBRAKAN).

Kegiatan SCC Berbagi Bersama I dilaksanakan pada tanggal pada tanggal 24 Juni 2023. Dana yang digunakan diambil dari donasi Gerakan Berbagi Kebaikan (GEBRAKAN) sebesar   Rp624.500,00 pada SCC Berbagi Bersama I ini, panitia dapat membagikan  sebanyak 48 paket sembako sayuran. Paket ini dibagikan kepada masyarakat kurang mampu (fakir miskin), tukang becak, dan pemulung yang berada di sekitar jalan Kutisari sampai jalan KOREM.

Dari diadakan dan dilaksanakan nya kegiatan SCC Berbagi Bersama I ini, diharapkan semakin memupuk rasa peduli dan gemar berbagi kepada sesama manusia. Semoga kegiatan SCC Berbagi Bersama I ini dapat memberikan manfaat bagi pemberi maupun penerima donasi tersebut.