Berita

“Environmental Action” oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan UIN Sunan Ampel Surabaya

Lingkungan hidup adalah sistem yang merupakan kesatuan ruang dengan semua benda, daya keadaan, dan makhluk hidup, termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya. Sebagaimana diketahui bahwa manusia adalah sebagai khalifah atau pengganti-Nya yang diperintahkan untuk mengurus segala sesuatu yang ada di bumi ini. Rasulullah Saw menganjurkan umat-Nya untuk menanam atau bercocok tanam.

Berdasarkan hal tersebut, maka Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan UIN Sunan Ampel Surabaya mengadakan kegiatan Environmental Action yang bertemakan “Menanam Pohon Menanam Harapan” sebagai kegiatan untuk mengurangi serta mencegah kerusakan atau pencemaran lingkungan di daerah sekitar dengan melakukan aksi peduli lingkungan.

Motto dari kegiatan Environmental Action ini adalah anjuran Rasulullah Saw kepada umatnya untuk menanam atau bercocok tanam. Hal tersebut disebutkan dalam hadits yang memiliki arti:

“Dari Anas bin Malik ra. Dia berkata Rasulullah Saw bersabda : Tidaklah seorang Muslim pun yang menanam atau bercocok tanam, lalu tanamannya itu dimakan oleh burung, atau orang, atau binatang, melainkan hal itu menjadi shadaqah baginya.” (HR. Bukhari).

Pelaksanaan Environmental Action ini dilaksanakan secara luring di Mangrove Wonorejo pada tanggal 09 Desember 2023 yang dimulai pada pukul 09.00 WIB s.d 13.00 WIB. Kegiatan Environmental Action kali ini merupakan proker baru dari departemen SOSMA dan diadakan kolaborasi antara Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan dengan program studi Biologi dan Ilmu Kelautan UIN Sunan Ampel Surabaya.

Sambutan pertama dilakukan oleh Ibu Esty Tyastirin, M. KM. selaku Ketua Program Studi Biologi UIN Sunan Ampel Surabaya dan Ibu Ir. Shinfi Wazna Auvaria, M. T. selaku Ketua Program Studi Teknik Lingkungan UIN Sunan Ampel Surabaya, namun beliau tidak dapat hadir pada kegiatan ini. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh M. Rifqi Zumar selaku Ketua Pelaksana Environmental Action dari program studi Biologi dan Kak Ziadatur Rizqiyah yang merupakan owner dari Trash Control Community.

Sebelum masuk kegiatan inti diberikan materi dan sosialisasi cara penanaman Mangrove. Materi Environmental Action kali ini berisi tentang “Sampah Laut: Bagaimana Mendukung Pembangunan Berkelanjutan” dengan pemateri Ibu Dr. Erry Ika Rhofita, S. Tp., M. P. Namun pada pemberian materi disampaikan setelah Ishoma.

Setelah penyampaian materi dilanjutkan kegiatan inti yakni aksi tanam Mangrove dan Tagging. Kegiatan Environmental Action selesai pada jam 13.00 WIB. Namun dilanjutkan sambutan susulan oleh Humas Mangrove Wonorejo dan sambutan oleh Bapak Dr. M. Irfan Hadi, M. KL.

Demikian dengan diadakannya kegiatan ini dapat mengingatkan kita agar tetap menjaga lingkungan sekitar untuk keberlangsungan hidup dan kesejahteraan makhluk hidup di bumi ini, khususnya manusia.