Berita

UIN Sunan Ampel Surabaya

Monday, 18 July 2022

SATUKAN FREKUENSI KERJA, TENDIK UINSA DIGEMBLENG SELAMA 2 HARI

UINSA Newsroom, Senin (18/07/2022); Internalisasi Nilai-nilai Budaya Kerja UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya menjadi agenda yang menutup pekan kedua Bulan Juli 2022. Bertempat di Hotel Permata Biru Jl. Raya Trawas 21 pada Jum’at-Sabtu, 15-16 Juli 2022, jajaran Tim manajemen UINSA Surabaya mendapatkan upgrading motivation dari tim motivator.

Rektor UINSA Surabaya, Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA., M.Phil., Ph.D., dalam  kesempatan pembukaan acara menyampaikan paparan terkait nilai-nilai budaya kerja yang ditekankan selama masa kepemimpinannya. Nilai-nilai budaya kerja yang disebut sebagai ‘madzhab kinerja’ tersebut terdiri dari empat poin. Pertama, GPL (Gak Pakek Lama). Rektor berharap, para perangkatnya dapat bekerja cepat dan menangkap setiap peluang sekecil apapun.

Kedua, prinsip buy one get two. Dalam pengelolaan kerja birokrasi, setiap unit dilengkapi dengan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian dan Lembaga (RKAKL). Maka, yang harus dilakukan menurut Rektor, agar jangan hanya berorientasi untuk memperkuat serapan anggaran tapi melampaui serapan anggaran.

Ketiga, prinsip clean and clear. Dimana ‘clean’ itu on paper, beres secara administratif. Sedangkan ‘clear’ adalah secara spiritual. Yakni menghindari sepenuhnya praktik-praktik kerja yang menjurus pada nepotisme.

Keempat, Filosofi Kerja Kereta Api. “Kalau sudah waktunya berangkat? Berangkat! Ada yang menghalangi? Tabrak! Telat? Tinggal. Kenapa? Karena ini ngrusoni.” ujar Prof. Muzakki.

“Teman-teman, Bapak-ibu, perubahan itu tidak bisa diselesaikan sendiri, harus bersama. Tidak bisa hanya mengandalkan satu orang, hanya mengandalkan satu pihak, harus bareng-bareng,” tegas Prof. Muzakki.

Selain nilai-nilai budaya kerja, kesempatan ini juga dimanfaatkan untuk memberikan asupan motivasi kepada segenap peserta yang terdiri dari jajaran Tim Manajemen Kantor Pusat dan Fakultas pada UINSA Surabaya. Rektor UINSA Surabaya periode 2022-2026 ini secara khusus juga memberikan apresiasi kepada segenap peserta yang dinilai menginspirasi. Salah satunya, adalah memberi bingkisan bagi peserta paling rajin.

Beberapa pertanyaan terkait budaya kerja serta pengetahuan dasar manajemen pun ikut memeriahkan suasana forum yang penuh keakraban. Selanjutnya, tim fasilitator lokasi juga menyampaikan pesan-pesan motivasi. Ditutup dengan giat renungan dan malam keakraban.

Sementara itu, pada hari kedua kegiatan ‘Internalisasi Nilai-nilai Budaya Kerja UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya’ dibuka dengan senam pagi bersama. Suasana meriah dan penuh keakraban pun menghangatkan momen yang jarang terjadi sejak pandemi Covid-19 melanda tersebut. Kendati itu, Rektor UINSA Surabaya selalu dengan tanpa bosan mengingatkan kepada segenap peserta agar senantiasa menjaga protokol kesehatan.

Giat pagi pun dilanjutkan dengan permainan edukatif bagi peserta. Berbagai permainan seperti Kotak ranjau, bola empati, menembak sasaran, hingga kerjasama tim pengibaran bendera merah putih. Seluruh kegiatan tersebut dirancang dalam rangka meningkatkan kekompakan tim, melatih daya ingat dan strategi, komitmen kerja, serta melatih kreatifitas dan inovasi peserta.

Harapan besar dari segenap peserta kegiatan adalah semangat dan motivasi kerja yang semakin meningkat pasca kegiatan. “Terima kasih  pada seluruh tim panitia dan teman-teman semua. InsyaAllah kegiatan ini sangat bermanfaat untuk kita semua dan kemajuan UINSA,” ujar salah seorang peserta yang diamini segenap peserta lainnya. (Nur-Alf/Humas)