Berita

@Psikologi dan Kesehatan

Tuesday, 19 April 2022

Satu Hari Dua Pertandingan, UINSA Berhasil Memenangkan Pekan Olahraga Mahasiswa Provinsi

UINSA berhasil mendapatkan Juara III cabang olahraga bola volly dalam Pekan Olahraga Mahasiswa Provinsi I Jawa Timur 2022. Pertandingan diselenggarakan di UM (Universitas Negeri Malang) pada tanggal 25-29 Maret 2022. 

Terdapat mahasiswa psikologi yang ikut andil dalam pertandingan tersebut, yaitu Saarah Alyaa Prameswari atau kerap dipanggil Rara dan Farah Nada Pinkan. Ketika diwawancara mengenai hal yang berkesan saat pertandingan, Rara mengungkapkan “Pokoknya paling berkesan pas ada satu hari dimana kita bertanding dua kali dalam sehari, yaitu saat pagi dan sore hari. Walaupun begitu, kami tetap dapat melanjutkan pertandingan dan memberi performance yang maksimal”. 

Rekan setimnya, Farah, juga menuturkan bahwa pertandingan tersebut cukup dadakan. “Jadi kita mempersiapkan pertandingan itu cuma 1 bulan, tetapi saat pertandingan kita benar-benar memaksimalkan semuanya karena kita juga mempunyai target untuk mendapat juara. Meskipun mendapat juara III, hal itu sudah menjadi kebanggan tersendiri karena kita bisa buktiin di waktu latihan yang mepet, kita tetap bisa bawa pulang juara” Pungkasnya. Farah berpendapat bahwa hal yang membuat tim volly UINSA mendapat juara ialah kekompakan dan chemistry yang kuat.

Dalam sesi wawancara eksklusif, Rara bercerita sedikit mengenai pengalamannya dalam cabang olahraga volly. Dulu, Rara sempat mengikuti volly, namun Ia vakum dan mencoba cabang olahraga lainnya, yaitu atletik (lari). Saat berada di titik jenuh dengan atletik, Rara kembali mencoba cabang olahraga volly. Di UINSA sendiri terdapat UKM UKOR yang mewadahi atlet untuk berlatih dan berprogres. Akhirnya, Rara memutuskan untuk mengikutinya bersama rekan satu timnya, Farah. 

Farah juga bercerita mengenai motivasinya dalam menggeluti bidang olahraga bola volly. Ia berkata “Volly ini emang udah jadi hobi dan bagian dari rutinitasku sih. Menurutku sayang banget kalo udah bisa main volly, tapi harus putus di tengah jalan karena di luar sana banyak banget orang yang pengen bisa main volly. Nah, kita udah dikasih kemampuan tersebut sudah sepatutnya menggunakan dengan semestinya”.

“Kalo dari aku sendiri sih, latihan volly pas sore hari setelah kuliah. Untuk di UKM UKOR sendiri, aku latihan setiap hari Jumat dan Minggu” Tutur Rara mengenai jadwalnya berlatih. Farah menambahkan bahwa waktu kuliah dan waktu latihan tidak pernah bentrok karena selalu mencari hari dan jam kosong. 

Rara berpesan kepada mahasiswa, khususnya yang mempunyai kegiatan lain selain kuliah untuk tetap mengutamakan pendidikan karena menurutnya, pendidikan merupakan hal yang terpenting. Farah juga berpesan bahwa tidak boleh menyerah karena sejatinya hidup adalah tentang belajar dari kesalahan.