Berita

@Matematika

Sunday, 24 April 2022

SANTUNAN DAN BUKA BERSAMA PENGURUS HIMATIKA: Ceriakan Ramadhan Dengan Satu Hati Saling Berbagi

Sabtu (16/04)- Departemen sosial Himpunan mahasiswa matematika (Himatika Algebra) UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA) melaksanakan salah satu program kerjanya, yaitu mengadakan acara santunan anak yatim piatu, buka bersama pengurus himatika, serta bagi takjil di sekitar lokasi yayasan. Acara ini diadakan di yayasan Al Khoirot, Desa Bangah, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Sidoarjo, Peserta dalam acara ini berjumlah kurang lebih 41 orang, yang terdiri dari 26 anak yayasan dan 15 pengurus Yayasan.

Tahun ini, panitia mengangkat tema “Ceriakan Ramadhan Dengan Satu Hati Saling Berbagi”. Acara tersebut berjalan dengan lancar walaupun terdapat kendala di luar dugaan yang terjadi. Antusias dari anak yayasan beserta panitia dan pengurus himatika yang membantu memeriahkan acara tersebut.

Pada hari h pelaksanaan acara santunan, ada beberapa faktor yang membuat acara tak berjalan sesuai rundown awal. Salah satunya ialah terjadinya hujan yang sebelumnya tak pernah diduga. Acara yang semula akan dimulai pukul 15.00 terpaksa harus tertunda hingga pukul 15.30. Sembari menunggu kehadiran pengurus dan beberapa panitia lainnya di lokasi panti, kami melaksanakan sholat ashar berjamaah, dan setelahnya baru dilanjutkan melangkah ke acara inti.

Acara inti terdiri dari pembukaan, pembacaan ayat suci Al-Qur’an, sambutan-sambutan, game, ceramah agama, dan penutup. Pembukaan dilakukan oleh Mc, Inka Dwi Jayanti. Dilanjutkan ke pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh saudari Nabila Syarifah. Lalu dilanjutkan penyampaian sambutan oleh Ketua pelaksana saudari Firda Yunita Sari, Ketua Himatika Algebra saudara Daffa Nur Cholis, lalu Ketua yayasan bapak Dodik Insa Ansori.

Kegiatan selanjutnya adalah game. Pada game ini beberapa anak dari yayasan dan dari pengurus dibagi menjadi lima kelompok. Game nya terdiri dari tebak kata, pengetahuan agama, dan sambung ayat. Pada pelaksanaan game, kami dari panitia menyediakan hadiah yang menarik bagi kelompok yang mendapatkan poin tertinggi.

Setelah kegiatan game selesai, dilanjutkan ke acara ceramah agama yang disampaikan oleh saudara Muhammad Fakhrudin Azhari. Bersamaan dengan kegiatan ceramah agama, sebagian panitia melakukan bagi takjil di sekitar lokasi yayasan, tepatnya di perempatan yang berjarak sekitar 70 meter dari yayasan.

Sebelum memasuki adzan maghrib dan berbuka, acara ditutup oleh Mc sekaligus melakukan penyerahan uang santunan dan sembako dari panitia. Setelah selesai, dilaksanakanlah sholat berjamaah seluruh pengurus himatika dan yayasan maupun peserta santunan. Dan dilanjutkan dengan melaksanakan buka bersama pengurus himatika, anak-anak dan pengurus yayasan serta dosen prodi matematika yang merupakan acara puncak dari kegiatan pada hari itu.  

Setelah jeda beberapa menit, panitia membantu warga sekitar untuk membersihkan serta menyiapkan keperluan sholat tarawih berjamaah. Setelah sholat tarawih selesai, dilaksanakanlah penutupan dari acara ini. Perwakilan dari yayasan mendoakan agar warga himatika semua menjadi anak yang hebat dan berguna bagi bangsa di kemudian hari.  

Jauh sebelum acara tersebut dilaksanakan, departemen sosial himatika algebra membuka open donasi berupa uang, sembako, maupun takjil yang disebarkan melalui pamflet dan video tiktok. Donasi yang diterima diluar dugaan, yaitu sebesar Rp 1.857.000 yang berasal dari warga luar maupun dalam himatika algebra. Harapannya kelak, acara santunan santunan anak yatim dan piatu, buka bersama pengurus himatika, dan juga bagi takjil yang telah terlaksana kemarin dapat bermanfaat bagi pihak Yayasan serta pengurus dan warga himatika algebra maupun warga luar dan tentunya semakin meningkatkan semangat berbagi pada bulan Ramadhan.

“Menurut saya, acara santunan kemarin berjalan dengan lancar dan baik, walaupun terdapat kendala pada h-5 yang mengbah acara semula santunan dan bukber dengan pihak yayasan menjadi santunan dan bukber dengan pengrus hima dan pihak yayasan. Mungkin itu dapat mengubah sebagian besar konsepan acara. Namun, acara tersebut tetap bisa terlaksana dengan cukup baik, meriah, dan seru karena antusias dari anak Yayasan, panitia serta pengurus hima. Dan saya mengucapkan terima kasih kepada donatur yang telah berdonasi hingga mendapat Rp. 1.857.000 yg diluar dugaan, karena tanpa uluran tangan dari warga mapun luar himatika maka acara tersebut tidak akan bisa berjalan dengan baik seperti kemarin.” Tutur Firda selaku ketua pelaksana Santunan 2022. (Fir/Vig/Dit/Sa)