Berita

Fakultas Sains dan Teknologi

Thursday, 28 July 2022

Sambut Era Metaverse,  Fakultas Sains dan Teknologi UINSA Siapkan Pembelajaran Era Society 5.0

Sambut Era Metaverse,  

Fakultas Sains dan Teknologi UINSA Siapkan Pembelajaran Era Society 5.0

Pada hari Kami, 28 Juli 2022 bertempat di ruang rapat Rektorat lama lantai 2 Fakultas Sains dan Teknologi menggelar Workshop Identifikasi dan review konten pengembangan course media ajar berbasis teknologi XR Metaverse. Narasumber 2 orang dari SEAMEO SEAMOLEC yang memang concern dalam pengembangan pendidikan berbasis open distance learning. Difasilitasi oleh International Office (IO) UINSA Surabaya, kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Rektor I Prof. Dr. H. Ali Mudlofir, M.Ag, Dekan FST Dr. A. Saepul Hamdani, M.Pd, Jajaran Dekanat, Ketua dan Wakil Jurusan, Kaprodi, dan jajaran staf FST. Dalam sambutannya, Dekan FST menyampaikan UINSA dengan SEAMOLEC yang telah memiliki payung MoU dapat ditindaklanjuti melalui PKS sehingga workshop kali ini sebagai pintu masuk dalam merancang bentuk kegiatan teknis kedepan. Sedangkan Wakil Rektor I menyampaikan betapa baru tersadarnya lingkungan pendidikan, khususnya dalam hal ini UINSA ketika wabah Covid-19 memaksa semua harus beradaptasi dalam suasana baru, termasuk dalam proses pembelajaran, peran penguasaan teknologi informasi menjadi sangat penting untuk menjembatani interaksi proses belajar mengajar. Hadirnya workshop ini diharapkan mampu menjadi jawaban bahwa civitas akademika UINSA dapat menguasai dan memproduksi konten pendidikan pengajaran berbasis teknologi informasi yang kekinian dan tepat sasaran.

Tim SEAMOLEC yang hadir yaitu Abdul Rizal Adompo, M.T selaku IT Content and Knowledge Management Division Manager dan Alfan Pujo Laksono, M.Ds selaku IT Content & Knowledge Management Staff pada sesi pagi memaparkan seputar ruang gerak SEAMOLEC yang menjadi tugas inti antara lain; pelatihan, konsultasi, penelitian dan pengembangan, dan penyebaran informasi. SEAMOLEC juga membantu Negara-negara Anggota SEAMEO menemukan solusi alternatif untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusianya melalui Pembelajaran Terbuka dan Jarak Jauh/ Open Distance Learning (ODL). Berikutnya dipaparkan pada bidang content and knowledge, SEAMOLEC telah mengembangkan course media ajar berbasis teknologi XR Metaverse, sebuah ruang interaksi virtual terbaru yang menjadi bagian dari definisi era Society 5.0. Dekan FST sempat menguji coba aplikasi berbasis Virtual Reality (VR) menggunakan perangkat Oculus quest 2 yang mampu menghadirkan pengalaman interaksi dunia virtual yang begitu nyata dan memiliki peluang untuk diadaptasi sebagai media pengembangakan konten bahan ajar kekinian.

Sesi terakhir adalah workshop dengan perwakilan mahasiswa FST dari semua prodi yang ada untuk dilatih bagaimana memproduksi media berbasis virtual reality (VR). Mahasiswa diajarkan untuk membuat aplikasi yang sederhana terlebih dahulu sebagai perkenalan, antusiasme mahasiswa luar biasa ketika dengan sabar para pemateri memberikan teori sekaligus praktek menggunakan perangkat masing-masing mahasiswa.