Berita

Manajemen Pendidikan Islam

Thursday, 28 July 2022

Prodi MPI Perkuat Kapasitas Mahasiswa Melalui Program Magang

Pada jeda perkuliahan menjelang tahun akademik 2022-2023, Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya menggelar program magang bagi mahasiswa. Bertempat di meeting room Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (26/7), penyerahan mahasiswa magang dilakukan oleh Ketua dan Sekretaris Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Ketua Jurusan Pendidikan Islam, beberapa staf pegawai Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, perwakilan Himpunan Mahasiswa Prodi MPI, serta lima mahasiswa peserta magang.

Program ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan keterampilan dan pengalaman mahasiswa tentang pelayanan administrasi. Berbeda dengan program PMPI (Praktik Manajemen Pendidikan Islam) yang wajib dilaksanakan secara regular tiap tahun di berbagai instansi, program ini bersifat pilihan bagi mahasiswa yang berkeinginan mengembangkan kapasitas diri. Lokasi magang dilaksanakan di kantor Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Sunan Ampel Surabaya selama satu bulan dan bisa tambah sesuai kesepakatan.

Ketua Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Dr. Muh. Khoirul Rifa’I, M.Pd.I, mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai upaya Prodi memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk bisa belajar dan mecari pengalaman secara langsung pada institusi pendidikan. “Diharapkan dari program pemagangan ini bisa dikoversi menjadi poin pengalaman kerja bagi mahasiswa”, imbuhnya. 

Sementara Tikno Subagio, selaku Koordinator Bagian Tata Usaha FTK UIN Sunan Ampel Surabaya mengaku sangat senang dan apresiatif dengan adanya mahasiswa magang dari Prodi MPI. Menurutnya, ini satu-satunya Prodi di UIN Sunan Ampel Surabaya yang melaksanakan program pemagangan di FTK. “Selain penting dalam meningkatkan pengalaman mahasiswa, program magang ini juga akan membantu meningkatkan layanan di FTK mengingat jumlah pegawai juga masih terbatas. “Semoga program ini bisa memberikan keberkahan dan manfaat baik bagi mahasiswa, Prodi, maupun Fakultas”, tandasnya []