Berita

Pendidikan Bahasa Inggris

Monday, 1 August 2022

Rumuskan CPL dan Bahas Kerjasama,  26 Kaprodi TBI/PBI PTKIN Bertemu di FTK UINSA

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) merupakan akumulasi kemampuan yang diperoleh mahasiswa selama menempuh pembelajaran di sebuah program studi di perguruan tinggi. Seyogyanya, program studi sejenis pada seluruh perguruan tinggi di Indonesia, memiliki CPL yang relatif sama sehingga moderasi antar perguruan tinggi. Dengan kata lain, lulusan dari sebuah program studi pada satu perguruan tinggi akan memiliki kemampuan minimal yang setara dengan program studi sejenis pada  perguruan tinggi. Hal ini dapat ditempuh jika terdapat benchmarking antar program studi sejenis.

Guna mencapai tujuan diatas, pada Kamis, 27 Juli 2022 bertempat di ruang sidang Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya, sebanyak 26 Ketua Jurusan dan Ketua Program Studi Tadris Bahasa Inggris dan Pendidikan Bahasa Inggris Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri mengadakan pertemuan Forum Kaprodi. Forum yang digagas oleh Dr. Muh. Zuhri Dj.,SS.,M.Hum dari IAIN Bone ini sebenarnya sudah melakukan diskusi panjang melalui WhatsApp grup Forum Kaprodi TBI/PBI. Akan tetapi, diskusi virtual yang bersifat asynchronous tersebut tampaknya sulit untuk menjembatani pembahasan yang intensif terkait CPL.

Diskusi yang dimoderatori oleh Siti Asmiyah dari PBI UINSA ini berlangsung cukup hangat. Para Kaprodi yang selama ini hanya saling sapa melalui media sosial maupun melalui pertemuan-pertemuan virtual dapat saling mengenal dan berdiskusi lebih intensif melalui pertemuan kali ini. Didin Nurudin Hidayat, M.A., Ph. D. dari UIN Syarif Hidayatullah menuturkan “pembahasan CPL ini merupakan agenda utama. Agenda utama yang lain adalah saling silaturahmi agar Prodi TBI/PBI kita di PTKIN dapat bekerjasama dan maju bersama.”

Pertemuan Forum Kaprodi TBI/PBI kali ini akhirnya berhasil menyepakati empat rumusan CPL Prodi TBI/PBI PTKIN. Rumusan ini nantinya akan diusulkan untuk ditetapkan oleh ELITE (English Linguistics, Literature and Education) yang merupakan asosiasi yang menaungi dosen Bahasa Inggris di PTKIN. Selain merumuskan CPL, forum ini juga menghasilkan kesepakatan dan perjanjian kerja sama pada enam jenis kegiatan yaitu  visiting lecturer, diskusi penelitian kolaboratif, workshop kolaboratif Pengabdian kepada Masyarakat, penelitian kolaboratif, seminar kolaboratif dan publikasi kolaboratif.  Semoga hasil forum kali ini dapat segera ditindaklanjuti untuk kemajuan bersama Prodi TBI/PBI PTKIN.