Berita

@adminuinsa

Sunday, 17 April 2022

RTM-3:2021, UPAYA KENDALI MUTU BERKELANJUTAN

UINSA Newsroom, Ahad (17/04/2022); Rapat Tinjauan Managemen (RTM) menjadi agenda rutin tahunan UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya dalam rangka melakukan evaluasi dan pemantaban Rencana Tindak Lanjut dari hasil kinerja lembaga. Memasuki tahun ketiga, gelaran RTM tahun 2021 resmi dibuka pada Ahad, 17 April 2022. Bertempat di Hall Lt. 5 Gedung GreenSA Inn Sidoarjo, RTM-3 Tahun 2021 ini diagendakan selama dua hari hingga Senin, 18 April 2021.

Hadir dalam kegiatan ini, Ketua, Sekretaris, Ketua Komisi Senat Akademik Universitas; Rektor beserta Wakil Rektor, Kepala Biro, segenap unsur Pimpinan Fakultas dan Pascasarjana; Ketua, Sekretaris, Kepala Pusat pada Lembaga/SPI; Kepala UPT; Ketua GKM, Kepala Laboratorium Fakultas; Ketua Program Studi Sarjana, Magister dan Doktor; Koordinator dan Sub Koordinator Pada Biro AUPK dan AAKK; serta Koordinator Bagian TU Fakultas dan Sub Koordinator Bagian TU Pascasarjana. 

Kabiro Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan, Drs. Mukhlis, M.Pd., melalui Koordinator Bagian Organisasi dan Kepegawaian selaku Panitia kegiatan menjelaskan, pada kegiatan RTM-3 Tahun 2021 kali ini juga akan dilakukan penandatanganan Kontrak Kinerja pimpinan unit dengan pimpinan universitas untuk pelaksanaan program kerja di tahun 2022.

Melalui kegiatan RTM-3 Tahun 2021 ini, Kabiro AUPK berharap, adanya kecermatan dan sinergi harmonis konstrukstif antara lembaga/unit. Juga terevaluasinya capaian kinerja pada tahun 2021. “Dan efektifitas penjaminan mutu dan sistem pelayanan akademik-non akademik menuju universitas Islam yang unggul dan kompetitif bertaraf internasional,” ujar Hj. Yuliati Bararah, S.Ag., MH. 

Sementara itu, Rektor UINSA Surabaya, Prof. H. Masdar Hilmy, S.Ag., M.A., Ph.D., dalam pengarahannya menyampaikan, sebagai bagian dari quality assurance, RTM-3 Tahun 2021 didesain dalam rangka melakukan salah satu siklus dari PPEPP sesuai amanat Permenristekdikti Nomor 62 tahun 2016. Yakni Penetapan Standar, Pelaksanaan Standar, Evaluasi Pelaksanaan Standar, Pengendalian Pelaksanaan Standar, dan Peningkatan Standar. 

“Suatu hal yang mungkin sudah kita hafal diluar kepala. Tapi bagaimana kita melaksanakan prinsip dan tahapan ini saya kira ini menjadi tanggung jawab kita semuanya. Bahwa kita harus surveillance dengan prinsip-prinsip ini dalam rangka terus mengawal mutu Tri Dharma Perguruan Tinggi yang diselenggarakan di UIN Sunan Ampel Surabaya,” ujar Prof. Masdar. 

Dijelaskan Rektor, bahwa UINSA memiliki 27 standar dari 24 standar pendidikan tinggi dalam SN Dikti Nomor 44 Tahun 2015. Dalam kaitannya dengan evaluasi capaian standar, Rektor menegaskan pentingnya cara pandang helicopter view. Guna melihat item-item yang secara makro menjadi penting untuk dilihat secara bersama-sama. Diantaranya terkait Tata kelola. Rektor menyoroti pentingnya akreditasi yang senantiasa mengalami dinamika kebijakan. Selanjutnya ISO, yang pada Tahun 2021 UINSA Surabaya berhasil mendapatkan 4 sertifikat pada Biro AAKK, AUPK, dan Pascasarjana. On progress, unit dan atau lembaga, serta 2 Fakultas yakni Fakultas Sains dan Teknologi (FST) dan Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK). 

“Ini merupakan langkah-langkah peningkatan kualitas layanan dan kualitas managemen di tiap-tiap unit dan lembaga yang ada di UIN Sunan Ampel Surabaya. Dalam rangka memastikan semua unit, semua aspek yang ada di kampus kita ini benar-benar berjalan on the right track dan juga memiliki kondisi kelembagaan dan manajemen yang sehat,” tegas Prof. Masdar. 

Rektor juga meng-highline terkait capaian di Bidang GTA-GUG, Audit Mutu Internal, Performa Mahasiswa, Sumber Daya Manusia, Kepuasan Layanan, Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, serta Pilot Project Akreditasi Nasional. “Dimohon untuk menjadi refleksi kita semuanya agar kita bisa mencapai target-target yang diperlukan,” imbuh Prof. Masdar.

Usai menyampaikan arahan, Rektor didampingi para wakil Rektor secara resmi membuka agenda RTM-3 Tahun 2021. Kegiatan pun dilanjutkan dengan Sidang Pleno dari masing-masing bidang. Total terdapat 10 pleno yang akan digelar selama dua hari kegiatan RTM-3 Tahun 2021. Sebagai penutup, pada RTM-3 Tahun 2021 juga akan diberikan penghargaan bagi fakultas/pascasarjana dan atau unit berprestasi tahun 2021. (Nur-Alf/Humas)