Berita
REVIEW DOKUMEN KURIKULUM MBKM PADA PRODI SARJANA, MAGISTER DAN DOKTOR UIN SUNAN AMPEL SURABAYA

Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari, Kamis-Jumat 3-4 November 2022. Pembukaan kegiatan diawali dengan salam kebangsaan dengan bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne UINSA. Kepala Biro AAKK, Dr. H. Mamat Salamet Burhanuddin, M.Ag selaku ketua satgas kurikulum MBKM UINSA melaporkan bahwa tim yang sudah terbentuk dua tahun lalu meski terkendala pandemi tetap bekerja maksimal dalam mewujudkan dokumen kurikulum MBKM. Tersedianya dokumen kurikulum ini sebagai bentuk nyata dukungan UINSA terhadap kebijakan kementerian agama dan mendukung tercapainya IKU UINSA.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Warek I, Prof. Dr. H. Ali Mudlofir, M.Ag. Dalam sambutannya, Warek yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua LPM memaparkan bahwa review yang dilaksanakan saat ini merupakan puncak kegiatan review kurikulum MBKM, karena merupakan gabungan seluruh fakultas dan pascasarjana. Review dari narasumber diharapkan semakin melengkapi dokumen kurikulum yang sudah tersusun.  Beliau juga menambahkan bahwa para pimpinan UPPS dan prodi saat ini juga harus bekerja keras mewujudkan dokumen formal yang terkait untuk keperluan registrasi Akreditasi FIBAA dan ASIIN. Keberhasilan dalam akreditasi internasional sebagai modal besar dalam menyongsong predikat unggul pada APT tahun 2024.

Kegiatan pembukaan ditutup dengan kerjasama ketua dan sekretaris LPM yang mengesankan para peserta dalam memaparkan overview roadmap implementasi MBKM UINSA TAHUN 2023. Dengan lugas ketua LPM, Dr. Ali Mustofa, M.Pd memaparkan tujuan kegiatan; menyampaikan progress report hasil review, mereview bentuk/skema MBKM padi program sarjana, mereview kurikulum pada program magister dan doktor, melakukan perbaikan kurikulum sesuai catatan review dan masukan dari narasumber. Output dari kegiatan ini adalah tereviewnya bentuk/skema MBKM adi program sarjana, tereview kurikulum pada program magister dan doktor dan dokumen kurikulum diperbaiki dan disahkan pemberlakukan.

Panitia dan peserta kegiatan review kurikulum MBKM terdiri dari Rektor, Wakil Rektor, Kabiro AAKK, Kabiro AUPK, Ketua, Sekretaris, Kepala Pusat,  Sub Koordinator Bagian dan JFU di Lembaga Penjaminan Mutu, Wakil Dekan I, Wakil Direktur, Koordinator, Sub Koordinator Bagian dan JFU di Bagian Akademik Pusat, Ketua dan Sekretaris Jurusan (Gugus Kendali Mutu), Ketua dan Sekretaris Prodi pada program sarjana, Program Magister dan Program Doktor, Tim Pengarah dan Tim Teknis Implementasi MBKM. Sedangkan nara sumbernya dari Universitas Negeri Surabaya; Dr. Wiwik Sri Utami, MP, Dr. Tjitjik Rahayu, M.Si, Fendi Achmad, S.Pd, M.Pd, Drs. J. Parmin, M.Hum dan Faridha Nurhayati, S.Pd., M. Kes.

Untuk memaksimalkan ketercapaian output yang diharapkan, pelaksanaan kegiatan review kurikulum MBKM dibagi dalam 5 ruang terpisah.

Ruang Hall lantai 5; Fakultas Tarbiyah dan Keguruan serta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Sebagai Reviewer Dr. Wiwik Sri Utami, MP dan pendamping Dr. H. Mamat Salamet Burhanuddin, M.Ag, Ahmad Yusuf, M.Kom dan Atiqoh Zummah, S.Si., M.Sc. Ruang al Jabar lantai 5; pascasarjana, sebagai reviewer Drs. J. Parmin, M.Hum dan pendamping Dr. Ali Mustofa, M.Pd dan Nailil Inayah, M,Pd.

Ruang Hall lantai 4; Fakultas Syariah dan Hukum serta Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, reviewer Dr. Tjitjik Rahayu, M.Si, pendamping Ahmad Lubab, M.Si, Adi Damanhuri, M.Si. Ruang 402; Fakultas Adab dan Humaniora, Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta Fakultas Psikologi dan Kesehatan, reviewer Faridha Nurhayati, S.Pd., M. Kes, pendamping Dr. H. Mohammad Hadi Sucipto, Lc., MHI dan Rizki Endi Septiyani, MA. Ruang 402; Fakultas Sains dan Teknologi serta Fakultas Dakwah dan Komunikasi, reviewer Fendi Achmad, S.Pd, M.Pd, pendamping Holilah, S.Ag, M.Si dan Noor Wahyudi, M.Kom. Setelah mendapatkan masukan dari review dari narasumber dan gugus kendali mutu, selanjutnya Kaprodi dan Sekprodi melengkapi dokumen kurikulum MBKM dan mempresentasikannya dalam satu forum. (yaiHD)