Berita

LPM Newsroom, Rabu (26/10/2022); Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA), Prof. Dr. Ali Mudlofir, M.Ag. bersama Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) melakukan Review Dokumen Kurikulum MBKM dan Sosialisasi Akreditasi Internasional dalam rangka mewujudkan UINSA World Class University. Kegiatan pertama, Review Dokumen Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) merupakan kegitan lanjutan dari pertemuan sebelumnya, setelah adanya Buku Pedoman Penyusunan Kurikulum dan Pedoman Implementasi MBKM. Kegiatan kedua sosialisasi akreditasi internasional merupakan kegiatan lanjutan juga setelah sebelumnya dilakukan sosialisasi terhadap seluruh dekan di fakultas dan direktur/wakil direktur pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya.

Kegiatan ini di buka oleh Wakil Rektor bidang Akademik dan Kelembagaan, Prof. Dr. Ali Mudlofir, M.Ag dan dipandu oleh oleh Sekretaris LPM, Ahmad Yusuf, M.Kom. Dalam sambutannya Prof. Dr. Ali Mudlofir, M.Ag mengatakan,” MBKM sejatinya bukan nomenklatur baru kurikulum, melainkan sebuah pendekatan antara yang dipelajari dengan dunia luar. MBKM adalah pilihan mahasiswa, bukan kewajiban. Untuk itu disediakan wadah regular dan wadah non-reguler (MBKM) dan juga perlu di sepakati pola MBKM yang akan diterapkan di UINSA pola 5-1-2 atau 6-0-2.”

Selajutnya Ketua Satgas MBKM Kepala Biro administrasi akademik, kemahasiswaan dan kerjasama, Dr. Mamat Salamet Burhanudin mengatakan,”Satgas MBKM telah melakukan telaah dokumen kurikulum yang telah disusun oleh para Prodi, selanjutnya dihasilkan rekomendasi bahwa dokumen kurikulum masih membutuhkan penyelarasan secepatnya. Targetnya di semester depan MBKM sudah diberlakukan, untuk Angkatan 2021, dimana semester depan mereka akan masuk semester 5.”

Kemudian Pengarah Satgas MBKM, Ketua LPM, Dr. Ali Musthofa, M.Pd menjelaskan,” Hari ini, akan dilakukan penyamaan persepsi cheklist untuk mereview dokumen kurikulum MBKM yang dimiliki prodi, oleh Wadek 1 dan GKM Fakultas masing-masing. Selanjutnya akan dilakukan review oleh Wadek dan GKM. Setelah selesai akan di lakukan ekspose kepada prodi, serta terakhir akan mendatangkan pihak ekternal untuk memberi masukan sehingga dokumen MBKM siap untuk di implementasikan.

Setelah kegiatan Review Dokumen Kurikulum MBKM selesai, acara dilanjutkan dengan sosialisasi akreditasi internasional. Dalam pengarahannnya ketua LPM, Dr. Ali Musthofa, M.Pd. menjelaskan,”Pengajuan akreditasi internasional ini merupakan follow up dari Rencana Strategi Bisnis (RSB) UINSA tahun 2020-2024, 5 pilar UINSA yang salah satunya adalah Islamic sociopreneur university dan RKKAKL tahun 2022 serta mewujudkan visi UIN Sunan Ampel Surabaya: Menjadi Universitas Islam Yang Unggul Kompetitif Bertaraf Internasional,”.

Pengajuan akreditasi internasional ini rencananya akan dilakukan pada ASIIN dan FIBAA, dengan penanggung jawab oleh masing-masing UPPS. Terdapat 12 program studi yang akan diajukan, 9 program studi (prodi) di pada FIBAA yaitu Prodi Studi Islam (Pascasarjana, Program Doktor), Prodi Ekonomi Syariah (Pascasarjana, Program Magister), Prodi Studi Agama-Agama (Fakultas Ushuludin dan Filsafat), Prodi Ekonomi Syariah (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam), Prodi Hubungan Internasional (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik), Prodi Psikologi (Fakultas Psikologi dan Kesehatan), Prodi Ilmu Komunikasi (Fakultas Dakwah dan Komunikasi), dan Prodi Sastra Indonesia (Fakultas Adab dan Humaniora). Adapun 4 prodi pada ASIIN Prodi Ilmu Falak (Fakultas Syariah dan Hukum), Prodi Pendidikan Matematika (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan), Prodi Matematika (Fakultas Sain dan Teknologi), dan Prodi Sistem Informasi (Fakultas Sain dan Teknologi).

Kegiatan ini dilakukan di lantai 9, kampus Ahmad Yani UIN Sunan Ampel Surabaya. Dalam kegiatan tersebut hadir seluruh stake horder terkait yaitu Wakil Direktur Pascasarjana, Dr. Hammis Syafaq, M.Fil.I; seluruh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan 9 fakultas; Kepala Pusat pada LPM, Ahmad Lubab, M.Si, Holilah, M.Si. dan Dr. Moh. Hadi Sucipto, Lc., M.HI; seluruh GKM Fakultas dan Pascasarjana; serta Tim Teknis Satgas MBKM.

Peserta antusias mengikuti jalannya kegiatan karena Sekretaris LPM, Ahmad Yusuf, M.Kom, yang memandu kegiatan menampilkan checklist dokumen kurikulum MBKM yang akan di review oleh oleh Wadek 1 dan GKM Fakultas yang kemudian di kritisi oleh seluruh audien yang hadir. Sedangkan di kegiatan sosialisasi akreditasi internasional menampilkan tahapan akreditasi internasional yang dilakukan pada Bulan November dan submit di Bulan Desember 2022. [lila]