Berita

Kamis, 27 Oktober 2022, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya menyelenggarakan sosialisasi pengenalan program studi kepada siswa SMA dan MA AL Falah Jatirokeh Brebes. Tujuan dari kegiatan sosialisasi ini adalah untuk memberikan gambaran kepada guru dan siswa-siswi kelas XII IPS dan Agama terkait Program Studi yang ada di   Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya. Kegiatan yang dilaksanakan secara luring di Gedung Fakultas Tarbiyah kali ini dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan, Prof. Dr. Hj. Husniyatus Salamah Zainiyati, M.Ag. Selain itu hadir pula Ketua Jurusan Bahasa, Moh. Faizin, M.Pd.I dan Ketua Jurusan Pendidikan Islam, Muhammad Nuril Huda, M.Pd. Kegiatan sosialisasi tersebut diikuti oleh 74 siswa dan 15 guru pendamping.

Mengawali acara, ketua rombongan dari SMA dan MA Al Falah menyampaikan bahwa  kunjungan ini merupakan agenda tahunan yang diperuntukkan bagi kelas XII baik dari jurusan IPS maupun Agama. Tujuan dari kunjungan ini adalah untuk memberikan wawasan kepada peserta didik tentang perkuliahan. Para guru sangat mendukung siswa-siswanya untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Harapannya agar mereka dapat mengembangkan keilmuan yang diperoleh di jenjang SMA/MA. Hal itu juga termotivasi dari beberapa guru yang mengajar di SMA/MA tersebut yang merupakan alumni dari UIN Sunan Ampel Surabaya. Pihak sekolah juga berharap diadakannya hubungan kerjasama yang baik antara sekolah dan universitas yang melibatkan peserta didik agar mereka tidak merasa asing lagi dengan UIN Sunan Ampel Surabaya.

Tujuan dari sekolah ini tentu disambut baik oleh pihak Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Dalam sambutannya, Prof. Husniyatus Salamah Zainiyati, menyampaikan terkait profil Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya. Dijelaskan pula bahwa pada tahun 2022 ini UIN Sunan Ampel Surabaya berada di dua tempat, yaitu di kampus Jl. A. Yani dan di Kelurahan Gununganyar Surabaya. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, berada di kampus Jl. A. Yani, yang saat ini telah memiliki 9 (sembilan) program studi. Selain itu, Prof. Husniyatus Salamah Zainiyati juga memberikan motivasi kepada siswa SMA dan MA Al Falah Jatirokeh Brebes untuk terus bersemangat dalam menuntut ilmu, Untuk mencapai cita-cita diperlukan belajar sungguh-sungguh yang diiringi dengan doa serta restu dari guru dan orang tua. Selanjutnya dijelaskan kegiatan di tiap-tiap prodi tersebut secara rinci serta jalur pendaftaran yang dapat ditempuh untuk masuk ke UIN Sunan Ampel Surabaya. Untuk itu anak- anak harus lebih semangat belajar agar dapat diterima pada program studi yang diinginkan.

Kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab untuk memberikan kesempatan kepada peserta baik dari guru maupun siswanya. Beberapa guru dan siswa bertanya beberapa hal,seperti bentuk-bentuk kerjasama dan beasiswa bagi siswa berprestasi dan tahfidzul Qur’an. Selanjutnya dijelaskan oleh Prof. Husniyatus Salamah Zainiyat model kerjasama yang dapat dilakukan dan beberapa beasiswa yang ditawarkan di UIN Sunan Ampel Surabaya. Pertemuan ini diakhiri dengan pemberian cinderamata dari kedua belah pihak dan foto bersama dengan guru-guru dan siswa-siswi SMA dan MA Al Falah Jatirokeh Brebes.