Berita

UIN Sunan Ampel Surabaya

Friday, 8 July 2022

REKTOR: UINSA HARUS 'WORLD CLASS' UNIVERSITY

UINSA Newsroom, Jumat (08/07/2022); Pucak acara Peringatan Dies Natalis ke-57 UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya yang jatuh pada 5 Juli, resmi digelar pada Jumat, 8 Juli 2022. Kegiatan dimeriahkan dengan Senam Sehat dan pemotongan tumpeng, serta pembagian ratusan doorprize dari mitra.

Doorprize yang dibagikan dalam kesempatan ini tersedia berkat kerajasama dari Bank Mitra UINSA Surabaya, diantaranya Bank Jatim Syariah, Bank Syariah Indonesia, serta Bank Tabungan Negara. Turut berpartisipasi, Koperasi Al Kautsar UINSA, Telkomsel, Indosat Ooredoo, serta Chitose.

Selain pembagian doorprize, dalam kesempatan ini juga diumumkan Pemenang Lomba Video TikTok yang digelar dalam rangka Dies Natalis Ke-57 UINSA. Lomba yang mengambil Tema, “UINSA Selalu di Hati” ini memilih 3 Juara Video TikTok terbaik, 2 Juara Harapan, dan 3 hadiah hiburan. Lomba ini diikuti oleh mahasiswa aktif UINSA Surabaya dari semua jenjang S1, S2, dan S3.

3 Juara Video TikTok terbaik antara lain Juara 1 diraih Izdihar Kinan Setiabudi dengan judul video, ‘Impian hidup dengan kehidupan.’ Juara 2 Akhmad Luqman Khoirulloh dengan judul ‘Aku dan Kampus impianku.’ Juara 3 Cut Raissa Farahiya dengan judul ‘Dies Natalis 57 UINSA.’

Sementara itu, 2 Juara Harapan masing-masing diraih Sefi Dwi Anggreini dengan judul ‘UINSA selalu di hati’ dan Koko Aljabir dengan judul ‘Kampus UINSA Tercinta.’ Selanjutnya, tiga nominasi yang mendapat hadiah hiburan adalah Sulthon Favian Jiwana, Tsalits Maratun Nafiah, dan Sulthon Syarifudin.

Dalam kegiatan yang digelar di Gedung Sport Center and Multipurpose ini, Rektor UINSA Surabaya, Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA., M.Phil., Ph.D., menyampaikan ucapan terima kasih kepada segenap rekanan yang telah berpartisipasi dalam memeriahkan kegiatan Senam Sehat dalam rangka Dies Natalis UINSA Surabaya ke-57.

Rektor secara khusus juga menyampaikan permohonan maaf, karena kegiatan senam sehat ini dilakukan secara terbatas. Hal ini dalam rangka tetap menjalankan protokol kesehatan dengan membatasi kerumunan.

Pada kesempatan sambutan, Rektor menganalogikan perkembangan UINSA Surabaya dengan istilah Chronological Age (jumlah usia) dan Biological Age (usia mental). Di usia yang ke-57, Rektor berharap bertambahnya usia UINSA Surabaya seiring dengan semakin berkembangnya kapasitas dan kualitas kelembagaan.

Pembangunan fisik, menurut Rektor, tidaklah cukup. Karena selain Chronological Age dan Biological Age, masih ada faktor Psychological Age, yakni kemampuan beradaptasi. “Maka jika UINSA Surabaya tidak bisa masuk ‘World Class,’ keterlaluan,” ujar Prof. Muzakki. Apalagi, lanjut Rektor, juga ada faktor Spiritual Age (kemampuan spiritual). “Selamat ber-Dies Natalis ke-57. Hari ini kita harus sehat. Hari ini kita harus menjaga kesehatan. Dan jangan lupa, kita harus bahagia,” imbuh Prof. Muzakki memungkasi sambutan. (All/Humas)