Berita

UINSA Newsroom, Selasa (22/10/2024); Usai Apel Hari Santri 2024 di UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya pada Selasa, 22 Oktober 2024, Rektor bersama segenap pimpinan universitas dan fakultas mengikuti pembacaan shalawat bersama di Masjid Raya Ulul Albab. Pembacaan shalawat ini juga dilanjutkan dengan pemotongan pita, tanda diresmikannya Expo Kemandirian Pesantren 2024 di UINSA Surabaya.

Rektor UINSA, Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA., M.Phil., Ph.D., dalam kesempatan Hari Santri Tahun 2024 ini menyampaikan, bahwa saat ini generasi milenial menghadapi tantangan doom spending. Yakni berbelanja secara berlebihan tanpa mempertimbangkan konsekuensi atau kebutuhan.

Perayaan hari santri, menurut Rektor, harus dimaknai dalam rangka memperkuat karakter kesantrian. “Beda referensi, beda preferensi, dan beda aksi. Beda generasi, yang dirujuk berbeda. Pilihan yang disenangi berbeda, tindakannya pun juga berbeda,” ujar Prof. Muzakki membuka sambutan.

Rektor mencontohkan, bahwa generasi tua umumnya memiliki pemikiran bahwa saving is more important than spending. Berbeda halnya dengan generasi milenial ke bawah yang lebih suka menghamburkan uang dibanding menabung. Bahkan, generasi milenial dinilai lebih rentan terhadap potensi depresi. “Semakin stres (generasi milenial, red), makin banyak dia shopping,” imbuh Prof. Muzakki.

Akhlak kesantrian, lanjut Rektor, menjadi bagian penting dari semangat dasar peringatan Hari Santri. “Kita boleh pintar. Kita boleh luas bacaannya. Tapi penting kita diingatkan, naiknya indeks akademik tidak otomatis diikuti dengan naiknya indeks akhlak ruang publik,” tegas Prof. Muzakki.

Karena itulah, imbuh Rektor, para kyai mengingatkan adanya konsep maslahah fardiyah (kebajikan pribadi) dan maslahah ‘ammah (kebajikan publik). “Kita tidak boleh berhenti pada kebajikan pribadi. Tapi kita harus melompat lagi melampaui batasan maslahah fardiyah menuju maslahah ‘ammah,” terang Prof. Muzakki.

Sebagai informasi, rangkaian kegiatan Hari Santri Tahun 2024 di UINSA dimeriahkan dengan berbagai lomba dalam momen Festival Hari Santri. Selain itu, berbagai stand pameran dari perwakilan Pondok Pesantren di Jawa Timur juga turut memeriahkan acara dalam Expo Kemandirian Pesantren 2024. (Nur/Humas)

Redaktur: Nur Hayati
Foto: A. Kamal