Berita

Senin, 28 Desember 2020 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) menutup akhir tahun dengan kegiatan sosialisasi kebijakan penyusunan Visi, Misi, Tujuan dan Strategi Unit Pengelolan Program Studi (UPPS) serta Program Studi. Kegiatan yang dilaksanakan di ruang meeting FTK tersebut dihadiri oleh sejumlah pimpinan program studi, Gugus Kendali Mutu (GKM) dan seluruh tim penyusun Visi Keilmuan Program Studi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan turut mengundang pihak rektorat dan Lembaga Penjaminan Mutu UIN Sunan Ampel Surabaya untuk memberikan materi terkait kebijakan universitas yang berhubungan dengan kebijakan VMTS UPPS dan Program Studi.

Acara dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya, Bapak. Prof. Dr. Ali Mas’ud, M.Ag, M.Pd.I. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya pemahaman terkait kebijakan dan implementasi visi, misi, tujuan, dan strategi fakultas untuk mencapai mutu pendidikan yang lebih baik. Hal ini dimaksudkan agar dalam proses penyusunan VMTS UPPS dan PS mengacu pada kebijakan yang ada dan tidak keluar dari koridor aturan yang telah ditetapkan dalam dokumen kebijakan Rencana Stategi Bisnis (RSB) Universitas, UPPS, dan PS serta merujuk pada SK Rektor dan Dekan.

Pihak Rektorat UIN Sunan Ampel Surabaya yang dalam hal ini diwakili oleh Kabiro Akademik mengungkapkan kebijakan VMTS yang berdasar pada SK Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya tentang Panduan Sistem Implementasi Manajemen Perguruan Tinggi. Sedangkan Lembaga Penjaminan Mutu menjelaskan kebijakan VMTS harus merujuk juga pada Rencana Strategi Bisnis (RSB) UIN Sunan Ampel Surabaya. Ketua LPM, Bapak Prof. Dr. H. Ali Mudlofir, M.Ag mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh FTK, hal ini dikarenakan kegiatan sosialisasi kebijakan ini merupakan bagian dari upaya fakultas untuk memastikan bahwa seluruh civitas akademika memahami dan dapat mengaplikasikan kebijakan tersebut dalam setiap aspek kegiatan akademik dan non-akademik.  

Salah satu peserta kegiatan yang merupakan tim penyusun/perumus visi keilmuan program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya, Bapak Dr. Sihabudin, M.Pd.I., M.Pd menyatakan bahwa sosialisasi kebijakan ini sangat bermanfaat. “Kami jadi lebih memahami arah dan kebijakan Universitas dan fakultas, serta bagaimana kami bisa berkontribusi secara lebih efektif untuk mencapai tujuan bersama,” tuturnya.

Kegiatan ini ditutup dengan sesi tanya jawab dan diskusi kelompok, di mana para peserta dapat menyampaikan pendapat dan usulan terkait implementasi kebijakan yang telah disosialisasikan. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan berharap, melalui sosialisasi ini, seluruh elemen dapat bergerak bersama dalam satu arah untuk mencapai visi dan misi yang telah ditetapkan.