UINSA Surabaya- Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) melaksanakan kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) bagi mahasiswa baru program studi sosiologi, hubungan internasional dan ilmu politik, Senin-Rabu (14-16/08/2023)  

Kegiatan pengenalan budaya akademik ini merupakan implementasi keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 4962 Tahun 2016 Tentang Pedoman Umum Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Pada Pergeruan Tinggi Keagamaan Islam yang menyebutkan tentang pentingnya pengenalan budaya dan pengetahuan akademik bagi mahasiswa sebagai warga sivitas akademik perguruan tinggi Islam.

Salah satu rangkaian kegiatan PBAK Fisip ialah deklarasi penguatan moderasi beragama bagi mahasiswa, pengenalan akselerasi digitalisasi pendidikan tinggi menuju word classs university dan penguatan spirit karakter kebangsaan bagi generasi emas di masa mendatang. Sejumlah pengetahuan tersebut menjadi sangat penting bagi mahasiswa baru untuk menghadapi dunia kampus. Kegiatan PBAK ini wajib diikuti seluruh mahasiswa baru Fisip.

Hari pertama PBAK dibuka oleh Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya, Prof. Akh. Muzzaki, M.Ag., Grad.Dip.SEA., M.Phil., Ph.D dengan melakukan pengukuhan terhadap seluruh mahasiswa baru. Mahasiswa Fisip menyaksikan pengukuhan melalui siaran secara langsung dari Kampus I UINSA Ahmad Yani. Setelah dilaksanakannya acara pengukungan, mahasiswa baru dapat mengikuti serangkaian kegiatan berupa deklarasi sekaligus penguatan moderasi beragama, pengenalan akselerasi digitalisasi pendidikan tinggi menuju word classs university, penguatan spirit karakter kebangsaan bagi generasi emas, pengenalan SEMA-DEMA universitas.

Sementara kegiatan di hari kedua, berisi pengenalan profil tiga  prodi di Fisip (Ilmu Politik, Sosiologi dan Hubungan Internasiona), pengenalan SEMA-DEMA dan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) Fisip. Pengenalan profil ini mejadi sangat penting agar mahasiswa bisa mengetahui dan mengenal tim manajemen prodi dan kegiatan mahasiswa melalui UKM sebagai wadah pengembangan bakat mahasiswa. Selama pelaksanaan PBAK mahasiswa baru Fisip diharuskan untuk memenuhi persyaratan berupa memakai id card yang sesuai dengan template (berwarna jingga, berbentuk perisai, dan dilaminating), wajib memakai tali pita yang berwarna jingga, pakaian untuk mahasiswa laki-laki diwajibkan memakai kopyah hitam, kemeja warna putih dan celana hitam, sepatu hitam, sedengakan pakaian untuk mahasiswa perempuan diwajibkan mengenakan hijab berwarna hitam, kemeja putih yang tidak ketat, memakai rok hitam, serta sepatu hitam. Pada lengan tangan mahasiswa juga diwajibkan mengenakan tali pita jingga sebagai bentuk mahasiswa Fisip. Hal ini disampaikan Muhammad Zamroni Abidin Junior panitia PBAK 2023. Kegiatan PBAK bagi mahasiswa baru Fisip ini selain bertujuan sebagaiaman disebut, juga agar bisa menanamkan rasa semangat kepada mahasiswa ketika menghadapi serangkaian kegiatan akademik kemahasiswaan.