Berita

Pada hari Jum’at, 5 Januari 2024, Hanik Yuni Alfiyah, seorang mahasiswi Program Doktor Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, sukses melewati ujian terbuka disertasinya yang berjudul “Pengembangan Islamic Psychological Capital Learning (IPCL) untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah”. Dalam disertasi tersebut, ia mengembangkan sebuah model pembelajaran inovatif yang diberi nama IPCL, yaitu model pembelajaran yang menginternalisasi empat komponen modal psikologi yang meliputi self efficacy, hope, resilience dan optimism dan diintegrasikan dengan empat kepribadian Islam, meliputi yaqin, raja’, sabar dan optimis. Disertasi ini menarik untuk dikaji lebih lanjut oleh para akademisi dan praktisi pendidikan di Indonesia, karena menurutnya IPCL dapat membentuk pola pikir positif peserta didik terhadap prestasi akademik, sehingga dapat berdampak positif terhadap motivasi dan tindakan peserta didik dalam mencapai prestasi.

Ujian terbuka disertasi dihadiri oleh panelis penguji yang terdiri dari Prof. Masdar Hilmy, MA, Ph.D, Prof. Dr. Kusaeri, M.Pd, Prof. Dr. Abdul Mujib, M.Ag., M.Si, Prof. Dr. Husniyatus Salamah Zainiyati, M.Ag, dan Dr. Irma Soraya, M.Pd. Sedangkan promotor dan co.promotor disertasi adalah Prof. Dr. Abd. Rahman Assegaf, M.Ag dan Dr. Suryani, S.Ag., S.Psi., M.Si. Dalam ujiannya, Hanik Yuni Alfiyah menjelaskan secara rinci konsep model pembelajaran IPCL yang telah dikembangkannya, bagaimana dikembangkan serta metode penerapannya dalam meningkatkan motivasi berprestasi peserta didik. Meski lokus penelitiannya di MTs Negeri 1 Probolinggo dan MTs Nurul Jadid Probolinggo, namun hasil penelitian disertasi ini diasumsikan dapat digeneralisir, sehingga dapat diterapkan di tempat lain untuk meningkatkan motivasi berprestasi peserta didik.

Disertasi Hanik Yuni Alfiyah telah membuka jendela baru dalam pendidikan di Indonesia dan dalam era di mana tekanan akademis semakin meningkat, bahwa pendidikan tidak hanya tentang pengetahuan akademis, tetapi juga tentang pengembangan aspek psikologis yang positif pada peserta didik. Peningkatan motivasi berprestasi penting dilakukan guna mempersiapkan generasi yang mandiri dan mampu meregulasi diri sehingga tangguh dalam mengejar dan mencapai prestasi, sehingga pendekatan ini menjadi relevan untuk diterapkan. Disertasi ini juga menghadirkan tantangan baru bagi institusi pendidikan dan para pendidik untuk lebih memperhatikan aspek kesejahteraan psikologis peserta didik. Tanamkan mindset positif kepada peserta didik dalam rangka mencapai prestasi di masa kini dan masa depan. Dengan demikian, Hanik Yuni Alfiyah dan disertasinya memberikan inspirasi dan inovasi yang dapat membawa perubahan positif dalam pendidikan di Madrasah Tsanawiyah dan Lembaga Pendidikan secara umum. Substansi disertasi ini merangkul holistic development bagi peserta didiknya.

Prof. Masdar Hilmy, salah satu penguji dalam ujian terbuka, menyatakan, “Penelitian ini memberikan kontribusi yang signifikan dalam konteks pendidikan Islam. Dengan memahami dan mengembangkan aspek psikologis peserta didik, kita dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih positif dan memberdayakan.” Begitu juga dengan penguji-penguji lain yang luar biasa dalam memberikan point-point pertanyaan dan saran masukan ke depannya. Para penguji mengakui kualitas dan memberikan apresiasi yang luar biasa terhadap disertasi ini.