Berita

Perpustakaan

Thursday, 18 August 2022

Pustakawan UINSA Menjadi Narasumber dalam Pelatihan Otomasi dan Digital Library di Perpustakaan IAIN Palangkaraya

Selasa, 16 Agustus 2022, Joko Susilo, S.M. (pustakawan UINSA) menjadi salah satu narasumber dalam pelatihan yang diselenggarakan oleh Perpustakaan IAIN Palangkaraya dengan tajuk “Pelatihan Otomasi dan Digital Library Perpustakaan.” Hadir pula sebagai narasumber yaitu Dr. Hasbullah Hilmi, S.Ag., SS., MHI. dari UINSA. Pelatihan yang bertempat di aula perpustakaan IAIN Palangkaraya ini merupakan program rutin yang diadakan dalam meningkatkan kompetensi sivitas akademika. 

Usman, S.Ag., SS., MHI. (kepala perpustakaan IAIN Palangkaraya), dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin dilaksanakan tiap tahun di perpustakaan IAIN Palangkaraya. Selain itu kegiatan ini juga merupakan bagian dari update pengetahuan dan teknologi informasi di perpustakaan IAIN Palangkaraya, serta membuka diri bagi unit-unit fakultas ataupun instansi lain yang ingin bekerjasama dengan UPT Perpustakaan IAIN Palangkaraya. Kegiatan ini turut dihadiri dan dibuka oleh Wakil Rektor II Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan, yaitu Dr. H. Sardimi, M.Ag.

Dalam pemaparan materi, narasumber membahas terkait sistem informasi perpustakaan berbasis SLIMS, diantaranya yaitu sistem automasi perpustakaan yang bersifat opensource dan berbasis web. Sistem automasi ini digunakan untuk pengelolaan koleksi tercetak dan terekam yang ada di perpustakaan. Penggunaan sistem automasi sendiri dimaksudkan untuk mempermudah pengelolaan dan dalam memberikan pelayanan kepada pemustaka.

Semoga dengan berakhirnya pelatihan ini, 30 peserta yang terdiri dari staf perpustakaan, perwakilan pengelola perpustakaan fakultas dan pengelola perpustakaan di Palangkaraya dapat mengembangkan sistem automasi yang ada di unit masing-masing. (JS-Dep)