Berita

Kamis, 23 November 2023 Puskolegis FSH UINSA gelar seminar nasional dan diseminasi penelitian. Kegiatan tersebut dilaksanakan di ruang Amphiteater Lt. 3 UINSA Kampus Ahmad Yani yang dimulai pukul 08.00 WIB. Tema yang diangkat yaitu “Keterwakilan Perempuan di Legislatif, Pentingkah?”. Dalam tema tersebut membahas terkait bagaimana keterwakilan perempuan dalam kursi Legislatif menjelang pemilu 2024.

Bapak Muwahid FSH UINSA

Isu tersebut menjadi salah satu topik hangat di kalangan publik terutama dikalangan aktivis gender equality. Topik tersebut mendorong kontestasi dan peran kuat perempuan dalam pemerintahan. Diketahui terdapat tiga narasumber luar biasa yang dihadirkan dalam acara tersebut. Pertama, Hj. Lilik Hendarwati selaku DPR Provinsi Jawa Timur sekaligus perwakilan sosok perempuan di DPR. Beliau sebagai narasumber menyampaikan terkait bagaimana urgensi dan peran perempuan di lembaga Legislatif.

Peserta Seminar Puskolegis

Kedua narasumber lainnya yakni dari peneliti Puskolegis untuk menyampaikan diseminasi hasil penelitian yakni Moh. Bagus, M.H. Beliau menyampaikan bagaimana design keterwakilan perempuan di Indonesia melalui afirmatif action. Kemudian ada Dr. Muwahid, S. H., M. Hum. yang menjelaskan terkait implementasi ketentuan 30 persen kursi Legislatif Perempuan. Kursi ini diberikan pada pemilihan umum DPRD Provinsi Jawa Timur tahun 2019-2024 serta implikasi dan kebijakannya. 

Narasumber Puskolegis FSH UINSA 2023

Dengan adanya tiga narasumber yang dihadirkan, terdapat tiga sesi diskusi pula yang dibuka oleh moderator. Moderator tersebut yakni Helga Nurmilasari, M.H. yang juga merupakan salah satu peneliti Puskolegis. Semangat diskusi para audiens yang hadir terus mengalir, melalui interaksi tanya jawab yang diajukan kepada narasumber. Acara tersebut telah sukses digelar, terlihat banyaknya peserta acara yang turut hadir, tak hanya dari kalangan mahasiswa saja melainkan juga para dosen UINSA.