Berita

Pusat Pengembangan Bahasa UINSA berhasil menggelar kegiatan Pengembangan Instrumen Pembuatan Soal Test  Bahasa Arab dan Bahasa Inggris di Greensa Inn pada hari Selasa-Rabu, tanggal 6-7 Juni 2023. Kegiatan ini dihadiri para penyusun buku ajar Bahasa Arab, para penyusun soal tes kompetensi Bahasa Arab, penyusun buku ajar Bahasa Inggris dan para penyusun soal tes kompetensi Bahasa Inggris. Kegiatan ini diselenggarakan untuk memastikan kebaruan konteks teks tes kompetensi Bahasa Arab maupun  Bahasa Inggris.

Kegiatan ini diawali dengan pemetaan konsep dan jenis soal yang menjadi tren soal kompetensi bahasa asing secara global di kedua bahasa. Kegiatan dilanjutkan dengan penyusunan soal dan kunci jawaban oleh masing-masing kelompok bahasa. Adapun soal yang disusun terdiri dari soal membaca, menyimak dan tata bahasa asing. Nuriyadin, M.Fil.I Lc, kordinator bahasa Arab Pusat Pengembangan Bahasa UINSA menyampaikan bahwa Pusat Pengembangan Bahasa UINSA senantiasa berinovasi termasuk mengupdate koleksi soal tes kompetensi bahasa asing secara berkala sesuai dengan kebutuhan global.

Di hari kedua, seluruh tim penyusun mempresentasikan butir soal yang disusun untuk kemudian di kritisi bersama tim yang lainnya. Kegiatan dilanjutkan dengan sinkronisasi dan revisi butir soal dengan tim penyusun untuk memastikan validitas konstruk soal. Rizka Safriyani, M.Pd, Kordinator bahasa Inggris Pusat Pengembangan Bahasa UINSA menyampaikan bahwa soal tes bahasa yang baik adalah apabila soal tes tersebut dapat memberikan informasi yang akurat terhadap kemampuan peserta tes. Penggunaan soal-soal HOTS dapat meningkatkan kemampuan ketrampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik dan mutu penilaian hasil belajar utamanya dalam mengukur keterampilan berbahasa asing.