Berita

Dalam upaya untuk menyempurnakan kurikulum pembelajaran IELTS bahasa Inggris di PTKIN menyambut pelaksanaan Language Academic Preparation Program (LAPP) Tahun 2024, Kementrian Agama bersama LPDP dan TEMAN USAID kembali menggandeng Pusat Bahasa PTKIN untuk mereview silabus IELTS yang mencakup tiga komponen utama dari ujian IELTS, yaitu Grammar, Writing, dan Speaking di awal Juni 2024. Setiap komponen tersebut dianggap krusial dalam mempersiapkan peserta LAPP untuk menghadapi tantangan global, terutama dalam konteks akademik dan profesional.

Proses review silabus ini melibatkan kolaborasi antara Pusat Bahasa PTKIN, UM, dan LPDP, dengan dukungan dari USAID. Tim pengelola bahasa Inggris dari Pusat Bahasa PTKIN secara aktif melibatkan diri dalam proses review ini, dengan mengumpulkan masukan dari berbagai pihak terkait. Sesi Pembukaan dilakukan oleh Dr Suhariyadi dari Universitas Negeri Malang. Sesi dilanjutkan dengan Review pertama oleh Prof.Utami Widiati, MA, Ph.D. Prof Utami yang juga presiden TEFLIN mengapresiasi hasil penyusunan review silabus writing IELTS dan memberikan masukan untuk perbaikan kompetensi. Masukan berikutnya datang dari Dr.Suhariyadi yang mengkritisi pentingnya penguatan materi grammar untuk comparison dan contras karena sangat diperlukan untuk skill speaking dan writing. Beliau menyarankan untuk menambah proporsi durasi waktu untuk materi tersebut. Sesi terakhir adalah masukan dari Dr. Maria Hidayati yang memberikan penguatan tentang simplifikasi rumusan kompetensi dasar.  Hasil dari review tersebut kemudian dianalisis dan disempurnakan untuk memastikan bahwa silabus yang direvisi sesuai dengan kebutuhan dan standar yang berlaku. Yos Sudarso Usman Putra (Technical Lead – Scholarship Management) dan Chief of Party TEMAN LPDP Mira Sambada memberikan apresiasi tinggi kepada seluruh peserta yang sangat aktif berinteraksi dan melaksanakan review.

Kegiatan ini resmi ditutup oleh Dr.Amirudin Kuba selaku Penanggung jawab Program LAPP Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) Kemenag RI. Beliau menyampaikan bahwa langkah-langkah ini merupakan bagian dari upaya yang lebih luas untuk meningkatkan kualitas pendidikan bahasa Inggris di PTKIN guna mempersiapkan mahasiswa untuk bersaing secara global dan menghadapi tantangan akademik dan profesional di masa depan. Dengan adanya revisi silabus ini, diharapkan mahasiswa PTKIN dapat lebih siap dan percaya diri dalam menghadapi ujian IELTS serta meraih kesuksesan dalam studi dan karier mereka di masa mendatang