Berita

Pusat Asesmen dan Layanan Psikologi (PALP) UINSA Ikut serta dalam Proses PPDB MAN 1 Lamongan

Lamongan – (17/02/2023) Pusat Asesmen dan Layanan Psikologi (PALP) UINSA terus berupaya dalam mengembangkan layanan-layanan yang dimiliki. Diantaranya adalah menyediakan layanan Tes Potensi Akademik dan Tes Bakat Minat untuk mengawal Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Lamongan.

Proses ini diawali dengan dilaksanakannya Focus Group Discussion (FGD) yang bertempat di ruang pertemuan MAN 1 Lamongan pada hari Jumat, 17 Februari 2023. Acara ini dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Bidang Kelembagaan Fakultas Psikologi dan Kesehatan UINSA Dr. Suryani, S.Ag, Sp.Psi, M.Si.; Kepala Pusat Asesmen dan Layanan Psikologi UINSA Lucky Abrorry, M.Psi, Psikolog.; dan Kepala Divisi Administrasi Umum PALP UINSA M. Fahmi Aufar Asyraf, B.Ed., M.A. Selain itu dari pihak MAN 1 Lamongan juga ikut serta dalam FGD ini yang dihadiri oleh Kepala MAN 1 Lamongan Nur Endah Mahmudah, M.Pdi beserta seluruh jajaran pimpinan dan panitia PPDB MAN 1 Lamongan tahun ajaran 2023/2024.

Keikutsertaan PALP UINSA dalam proses PPDB MAN 1 Lamongan ini bertujuan untuk memetakan kemampuan calon siswa yang mendaftar di MAN 1 Lamongan, sehingga nantinya pihak madrasah sudah memiliki data yang akurat dan valid dalam mengembangkan peserta didiknya dikemudian hari. Selain itu, tentunya hal ini menjadi nilai integritas tambahan bagi madrasah agar pelaksanaan PPDB MAN 1 Lamongan tahun ajaran 2023/2024 dapat berjalan secara profesional, akuntabel, transparan, dan dapat dipertanggungjawabkan.

FGD ini merupakan kegiatan awal dalam proses pelaksanaan PPDB MAN 1 Lamongan yang akan dilaksanakan pendaftarannya mulai tanggal 20 Februari 2023 untuk gelombang pertama sampai dengan tanggal 13 Maret 2023 untuk pengumumannya. Kemudian dilanjutkan dengan pendaftaran gelombang kedua yang akan dimulai pada tanggal 17 Mei 2023 sampai dengan pengumuman gelombang kedua pada tanggal 5 Juni 2023. Kegiatan FGD ini dimulai oleh sambutan Kepala MAN 1 Lamongan yang menekankan terkait dengan proses PPDB yang harus berjalan dengan profesional dan akuntabel.
“Adanya kerjasama ini menunjukkan bahwasanya MAN 1 Lamongan bertekad untuk menjalankan proses PPDB tahun 2023/2024 secara profesional dan akuntabel” ujar Nur Endah Mahmudah, M.Pdi. Sambutan berikutnya disampaikan oleh Wakil Dekan bidang Akademik dan Kelembagaan FPK UINSA yang menyatakan pentingnya kerjasama ini agar PTKIN dapat berkontribusi secara langsung kepada madrasah. “Kerjasama ini merupakan bentuk kongkrit dan nyata kontribusi PTKIN terhadap madrasah di Indonesia, khususnya di Jawa Timur” ujar beliau.

Dalam kesempatan ini juga terlaksana penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) terkait dengan Tes Potensi Akademik dan Tes Bakat Minat antara Pusat Asesmen dan Layanan Psikologi dan MAN 1 Lamongan yang dilakukan oleh pimpinan masing-masing lembaga.