Berita

Purification 5.0 oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan UIN Sunan Ampel Surabaya

Purification 5.0 merupakan salah satu program kerja dari Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa dan Keagamaan (PSDMK) dalam Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan UIN Sunan Ampel Surabaya. Purification 5.0 merupakan kegiatan pembentukan karakter serta pemberian edukasi dan pelatihan bagi mahasiswa baru Teknik Lingkungan UINSA agar terbiasa dengan situasi dan kesibukan yang ada pada Teknik Lingkungan.

Mahasiswa berperan sebagai agent of change atau disebut agen perubahan, yang artinya mahasiswa merupakan sosok penting yang membantu suatu proses perubahan yang baik. Sikap yang harus dimiliki oleh seorang mahasiswa sebagai agent of change pada dasarnya adalah sikap kritis dan positif, cerdas dalam menggunakan teknologi, dan menanamkan sikap teladan. Pendidikan karakter merupakan suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk  melaksanakan nilai-nilai tersebut. Pendidikan karakter bertujuan agar mahasiswa tidak hanya pandai di bidang pendidikan saja, namun di bekali dengan moral, karakter yang kuat, akhlak mulia, berorientasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang didasari oleh iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan Pancasila.

Pengumuman kegiatan Purification 5.0 dilakukan melalui WhatsApp Group mahasiswa baru Teknik Lingkungan 2023 dua hari sebelum diadakan Technical Meeting. Purification 5.0 dilaksanakan selama empat bulan di hari Sabtu dan Minggu dengan berbagai materi yang diberikan. Kegiatan Purification 5.0 dimulai dengan acara Technical Meeting pada hari Sabtu, 02 September 2023 pukul 07.30 WIB s.d. selesai. Kegiatan dimulai dengan pembukaan MC, dilanjutkan dengan pemaparan tentang pengenalan dan penjelasan mengenai Purification, Pengenalan Mars HMTL dan Pemuda Pemudi TL, Pembagian kelompok, serta pengenalan KP (Kakak Pendamping) dan Pengawas.

Pada minggu selanjutnya, acara Purification 5.0 memuat materi berupa sejarah HMTL dan Kabinet Abiseka, Manajemen diri dan Nilai Pengaderan, Manajemen Organisasi dan Leadership, Penghijauan Kampung Mitra HMTL, PKTI (Pelatihan Karya Tulis Ilmiah), Public Speaking dan Pengenalan Ikatan Alumni Mahasiswa Teknik Lingkungan UINSA, Penghijauan Kampung Mitra HMTL, dan Pelatihan AutoCad.

Mahasiswa baru juga melakukan serangkaian kegiatan Purification 5.0 di luar forum, yaitu Sharing Session (SS) kepada kakak tingkat Program Studi Teknik Lingkungan. Kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa baru Teknik Lingkungan Tahun 2023 bisa mengenal lebih dekat dengan kakak tingkatnya dan membiasalan aktif berkomunikasi dengan baik tanpa merasa ragu.

Puncak serangkaian acara Purification 5.0 adalah pengukuhan mahasiswa baru Teknik Lingkunagan UINSA Tahun 2023 menjadi warga HMTL UINSA dengan gelar Env 10. Kegiatan pengukuhan dilakukan selama dua hari satu malam, bertempat di Villa Asia Jaya, Jl. Air Panas No. KM. 2, Made, Pacet, Kec. Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Kegiatan tersebut berlangsung mulai tanggal 17 hingga 19 Desember 2023 dini hari.

Mahasiswa baru dan warga berangkat dari kampus UINSA pukul 08.10 WIB menggunakan Garnisun dan kendaraan pribadi. Perjalanan menuju villa membutuhkan waktu 2 jam. Sesampainya di tempat, mahasiswa baru dan warga berbenah barang di dalam kamar yang telah ditentukan oleh panitia. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Review Materi oleh mahasiswa baru didampingi Sie Acara. Kegiatan selanjutnya yaitu pemaparan nilai rapot peserta Purification 5.0, Forum Group Discussion atau pembuatan komitmen angkatan, pencarian ID Card, dan terakhir yaitu pengukuhan yang disaksikan oleh seluruh warga HMTL UINSA yang hadir di Villa Asia Jaya.

Pada hari Selasa 19 Desember 2023, Pukul 02.45 WIB, seluruh Mahasiswa Baru Teknik Lingkungan UINSA 2023 memulai pembacaan komitmen angkatan secara bersama-sama di depan seluruh warga HMTL UINSA. Setelah pembacaan komitmen, maka mahasiswa baru 2023 telah resmi dikukuhkan menjadi Env 10 oleh Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan UINSA.