Berita

UIN Sunan Ampel Surabaya

Thursday, 18 August 2022

Pulihkan dengan Cepat Virtual Account Bank BTN dan Bangkitkan Host to Host Bank BSI oleh Pustipd dan Akademik di SINAU UINSA

Mulai dari hari Jumat, 12 Agustus – Rabu, 17 Agustus 2022 pihak Pustipd dan Akademik UINSA berkolaborasi berhasil membangkitkan dan memperbaiki Host to Host Payment Bank Syariah Indonesia dan BANK BTN di Aplikasi Sinau sehingga berjalan normal kembali.

Host to Host atau sering dikenal H2H adalah “sistem antar server yang terhubung satu sama lain secara langsung“. Lebih sederhananya: “komunikasi atau hubungan di dalam sebuah jaringan komputer yang terjadi antar host, yaitu komputer dengan perangkat lain yang terhubung satu sama lain”.

Sesuai dengan arahan pak rektor “Bapak Prof Zaki” bahwa transformasi digital di UINSA tidak lepas dengan kerjasama dengan pihak manapun, dalam hal ini termasuk bank. Diamana support bank saat ini dapat membantu dan memudahkan mahasiswa dalam hal pembayaran UKT/SPP di UINSA. Dimana tidak hanya satu bank yang melayanai kebutuhan akademik maupun non akademik di UINSA.

Saat ini sumber daya manusia yang dimiliki PUSTIPD sudah mampu mendukung proses bisnis dan inovasi UINSA khususnya sistem informasi akademik karena seperti tagline pustipd saat ini #sustainableinnovation” ucap Bapak Teguh selaku kepala PUSTIPD 

Bapak Rofiq selaku koordinator akademik UINSA menyatakan “sistem ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa untuk melakukan proses pembayaran akademik menjadi lebih mudah”

Bapak Yasin selaku koordinator Infrastruktur dan Jaringan, menambahkan “infrastuktur teknologi informasi yang dimiliki UINSA sudah sangat mendukung untuk ekosistem sistem informasi akademik, baik untuk konsumsi internal maupun eksternal”.

Ibu Intan, selaku koordinator pengembangan sistem, menyatakan “sistem informasi akademik sudah mapan dan mampu memenuhi kebutuhan fungsional dan non fungsional dari UINSA”.

Pak Fadil selaku koordinator integrasi sistem menyatakan “alhamdulilah proses berjalan dengan lancar karena tidak hanya integrasi sistem tetapi juga integrasi terhadap sdm yang ada”.

Pak Heri selaku koordinator menyatakan “Dengan sistem ini dapat meningkatkan mutu dan layanan UINSA kedepannya dalam bidang akademik”.

Adanya sistem ini dapat memudahkan mahasiswa melakukan pembayaran UKT secara online via ATM atau berbagai metode pembayaran lainnya yang tersedia karena telah mengintegrasikan seluruh channel pembayaran dari bank lama yang sudah kerja sama sebelumnya (Bank BTN) maupun dengan bank baru (Bank Syariah Indonesia) yang menjalin Kerjasama dengan UINSA.

#uinsajaya

#sustainableinnovation

#hostohostpayment