Berita

      Rabu, 28 Februari 2024 Program Studi Ekonomi Syariah menghadiri kegiatan Asosiasi Prodi Ekonomi Islam Indonesia (APSEII) di Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Universitas Indonesia (UI) dengan mengambil tema “Pembahasan Kurikulum dan Mata Kuliah Rekomendasi APSEII“. Dalam kegiatan ini berkumpul pengelola Prodi Ekonomi Islam dan Prodi Ekonomi Syariah se-Indonesia. Prodi Ekonomi Syariah UIN Sunan Ampel Surabaya bersama dengan 49 delegasi perguruan tinggi meliputi UI, IPB, UIN Kalijaga, Unair, Unesa, UPI, UIN Sumatera Utara, Universitas Sultan Agung Tirtayasa, Universitas Mulawarman, Universitas Terbuka dan perguruan tinggi lainnya hadir dan terlibat aktif dalam perumusan kurikulum APSEII.

      Untuk mendukung perumusan kurikulum asosiasi, kegiatan ini juga mendatangkan berbagai stakeholder meliputi BI, OJK, KNEKS, dan BSI untuk memberikan masukan dan saran kurikulum yang menjadi kebutuhan stakeholder. Hadir dari BI adalah Dr Ferry Syarifuddin selaku Deputi Direktur Senior BI. Dari KNEKS Mohamad Soleh Nurzaman,PhD selaku Deputi Direktur Infrastruktur Ekonomi Syariah KNEKS. Dari unsur OJK hadir Asadulloh Sefnado selaku Kepala Bagian Grup Literasi dan Inklusi Keuangan Syariah OJK. Dari unsur industri keuangan syariah hadir Bambang Sutrisno selaku Group Head BSI Corporate University.

      Kajian dan informasi stakeholder memberikan arahan asosiasi untuk merancang profil lulusan dan mata kuliah asosiasi yang up to date sesuai kebutuhan industri dan perkembangan zaman. Forum asosiasi menyepakati tiga profil lulusan meliputi praktisi, analis, dan wirausahawan. Merujuk pada tiga profil lulusan yang menjadi kesepakatan asosiasi, profil lulusan Prodi Ekonomi Syariah UIN Sunan Ampel sudah sesuai dan relevan. Melalui forum ini disepakati pula mata kuliah standar asosiasi. Serangkaian kegiatan ini selain menjadi sarana silaturahmi akademis dalam meluaskan kerjasama antarprodi juga menjadi insight dan informasi penting dalam pengembangan kurikulum prodi. Untuk itu, Prodi ekonomi syariah UIN Sunan Ampel berkomitmen untuk terus terlibat aktif dalam asosiasi yang diikuti.