LPM Newsroom, Jum’at 18/8/2023.  Direktur Pendidikan Tinggi Agama Islam (Diktis) Kementerian Agama (Kemenag) RI, Prof Dr Ahmad Zainul Hamdi MAg menghadiri kegiatan penutupan Program Peningkatan Kompetensi Dosen Pemula (PKDP) tahun 2023 angkatan 1 dan 2 yang di selenggarakan oleh Perguruan Tinggi Penyelenggra (PTP) UIN Sunan Ampel Surabaya.

Kegiatan diikuti oleh peserta PKDP angkatan 1 dan 2, berjumlah tujuh puluh delapan dosen, berasal dari berbagai perguruan tinggi diantaranya Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Institut Agama Islam Negeri Madura dan berbagai Perguruan Tinggi Swasta Kopertais Wilayah IV.

Dalam sambutannya, Direktur Diktis yang akrab disapa Prof Inung itu mengatakan,”saat ini Kemenag memiliki program prioritas untuk terus meningkatkan kompetensi Dosen perguruan tinggi swasta  dengan nama Program Peningkatan Kompetensi Dosen Pemula (PKDP). Tahun ini merupakan tahun kedua dari pelaksanaan PKDP. Di tahun kedua ini jumlah untuk dosen perguruan tinggi swasta lebih banyak dibandingkan perguruan tinggi negeri. Ini merupakan Wujud Konkrit Keberpihakan Kemenag Pada Perguruan Tinggi Swasta. Oleh karena itu dengan program ini kualitas dan kompetensi dosen-dosen di perguruan tinggi swasta harus menjadi lebih baik dan terus meningkat serta bisa meneruskannya ke seluruh dosen yang ada di perguruan tinggi tempat mengabdi,”.

Lebih lanjut, Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi menyampaikan tujuan PKDP yaitu pertama, meningkatkan kompetensi pedagogik terkait pengampuan pembelajaran efektif, kedua pembinaan karier dosen terkait pencapaian target jabatan tertinggi sebagai Guru Besar. Ketiga, meningkatkan karya ilmiah terkait kontribusi perguruan tinggi terhadap pengembangan keilmuan, dan keempat adalah terwujudnya siakp moderasi beragama dan semangat kebangsaan pada setiap diri dosen.

Oleh karena itu dengan program ini kualitas dan kompetensi dosen-dosen di perguruan tinggi swasta harus menjadi lebih baik dan terus meningkat serta bisa meneruskannya ke seluruh dosen yang ada di perguruan tinggi tempat mengabdi,”Katanya.

Jajaran pimpinan UIN UIN Sunan Ampel Surabaya turut menyambut kehadiran Prof Inung yakni Rektor sekaligus Wakil Rektor I, II  dan III, ketua LPM, sekretaris dan seluruh kepala pusat pada LPM. [lila]

UNSA Surabaya:

Building Character Qualities: for the Smart, Pious, and Honourable Nation.

LPM UINSA Surabaya:

Prosedural, Quick Respons, Transparan

#BanggaUINSA

#AyoKuliahdiUINSA

#ItsMyDream

#ItsMyDestination

#UINSASurabaya

#UINSAJaya

#UINSAAkreditasiA

#UINSA(1)UniRank

#UINSA(3)Edurank

#UINSAISOCertified