Berita

Program Induksi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Pendidikan Agama Islam (PAI) Kabupaten Paser, Kalimantan Timur  mulai dari tanggal 24 hingga 25 Oktober 2022 bertempat di gedung MAN IC Kabupaten Paser yang dihadiri 85 mahasiswa PPG PAI Batch 2 asal Kab. Paser.

Program Induksi disambut baik oleh pemerintah Kabupaten Paser, hal ini terbukti dengan kehadiran pimpinan dari berbagai perwakilan instansi pemerintah setempat yakni Perwakilan Bupati Kab. Paser, Kabid PAI Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Timur, Kepala Kantor Kemenag beserta Kasi PAI Kabupaten Paser, Kepala Dinas Pendidikan, Kasi PTK Pendidikan Dasar, Koordinator Pengawas serta perwakilan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Paser.

Ucapan terima kasih dihaturkan oleh Drs. H. Maslekhan (Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Paser) Kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Paser  yang telah berkenan menelorkan anggaran atas persetujuan DPR untuk membiayai guru untuk mengikuti Pendidikan Profesi serta ucapan terima kasih dan selamat datang kepada Tim LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya. Hal senada juga disampaikan oleh Hj. Arbaiyah, S.HI, M.Pd (Kasi PAI Kanwil Kemenag Kalimantan Timur). Lebih lanjut, beliau menyampaikan bahwa dengan adanya pembiayaan yang bersumber dari APBD diharapkan kepada seluruh mahasiswa PPG LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya bisa memanfaatkan peluang ini dengan sebaik-baiknya, mengikuti proses dengan sungguh-sungguh termasuk dalam mengikuti kegiatan induksi selama dua hari kedepan. Kanwil, Pemda, DPRD, Kementerian Agama Kabupaten serta Dinas Pendidikan Kabupaten Paser berkolaborasi dalam mewujudkan peningkatan SDM Guru melalui kegiatan Pendidikan Profesi Guru.

Program Induksi yang digelar selama dua hari merupakan bentuk ikhtiar LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya dalam menghadapi Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan profesi Guru (UKMPPG). Penyampaian Materi terkait Uji Kinerja  disampaikan oleh Ainun Syarifah, M.Pd.I (Kaprodi PPG) yakni persiapan dokumen portofolio, perangkat pembelajaran serta video praktik pembelajaran selanjutnya terkait Uji Pengetahuan Analisis Kisi-kisi  disampaikan oleh Dr. Taufik, M.Pd.I (Kepala Laboratorium) Terkait LMS UKIN,UP dan Try Out dipandu langsung oleh Muhammad Syahru Ahmad, S.Pd. (Koordinator IT LPTK UINSA)