Berita

Umi Azmi Fitriyah, mahasiswi Progam Studi Hukum Tata Negara FSH UINSA semester 7 kembali meraih prestasi yang membanggakan. Ia merupakan salah satu anggota dari UKM Law Debat Community (LDC) FSH UINSA yang berhasil menjadi best speaker lomba debat. Lomba tersebut diselenggarakan oleh HMJ PMP-KN Universitas Surabaya pada 28 – 29 Oktober 2023 di Gedung Srikandi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum.

Event Pekan Kewarganegaraan 2023 merupakan progam kerja dari HMJ PMP-KN UNESA. Tema dari event tersebut adalah “Mewujudkan Generasi Berkarakter dalam Bingkai Kebhinnekaan dalam Menyongsong Indonesia Emas 2045. “Persiapan lomba dilakukan kurang lebih selama 3 minggu,” ujar Umi Azmi. “Paling utama adalah mempersiapkan teknik berdebat. Karena metode debat kali ini menggunakan British Parliamentary,” sambungnya.

Umi Azmi mengaku jika Ia fokus membaca isu-isu terkini untuk membangun nalar kritis. “Kami juga belajar materi tentang hukum sosial dan ekonomi. Lomba ini sangat menarik, sehingga saya banyak mendapat hal baru dan teknik berdebat baru,” kata Umi Azmi. “Ajudikasi verbal dari setiap juri saat lomba bisa menjadi evaluasi saya untuk kedepannya. Sehingga saat di podium lomba saya bisa lebih baik,” tuturnya.

Umi Azmi berharap, semoga ilmu baru yang Ia pelajari bisa menjadi bekal dirinya untuk lebih bersinar di podium-podium selanjutnya. “Saya ingin memotivasi mahasiswa/i FSH lainnya jika berprestasi itu tidak hanya aktif duduk di bangku perkuliahan,” kata Umi Azmi. “Mengikuti lomba juga merupakan hal yang sangat penting untuk mengukur pemahaman dan meningkatkan jiwa kompetitif,” tegasnya.