Berita

Selasa, 31 Oktober 2023 Mahasiswa Progam Studi Hukum Ekonomi Syari’ah FSH UINSA melakukan kunjungan edukasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI). Kunjungan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa Prodi HES semester 3 mulai dari kelas A, B, dan C. Tak ketinggalan, Ibu Zumrotul Azizah selaku Dosen Pengampu mata kuliah Studi Ekonomi Syari’ah turut hadir memandu mahasiswa/i.

Para mahasiswa/i diberikan pemaparan materi seputar keuangan yang dijelaskan langsung oleh perwakilan dari Kantor Bursa Efek Indonesia. BEI sendiri merupakan pasar keuangan utama di Indonesia yang memfasilitasi perdagangan efek dan saham perusahaan publik. BEI juga memiliki peran sentral yang sangat penting dalam investasi, pertumbuhan perusahaan, dan stabilitas ekonomi.

Harapannya, kegiatan kunjungan edukasi ini mampu memberikan wawasan baru kepada mahasiswa/i Prodi HES tentang cara kerja BEI. Ternyata, BEI memiliki pengaruh terhadap perkembangan ekonomi di Indonesia. BEI juga mendorong adanya kebijakan yang mendukung perkembangan pasar modal di Indonesia. Tak hanya itu, BEI juga menyediakan sarana perdagangan efek, membuat peraturan bursa efek, melakukan pencatatan, dan memperoses likuidasi instrumen.

Kunjungan ini semata-mata bukan hanya untuk menyelesaikan tugas mata kuliah Studi Ekonomi Syari’ah. Melainkan juga dapat memberikan pengalaman baru kepada mahasiswa/i Prodi HES mengenai bursa efek. Para mahasiswa/i Prodi HES juga bergembira dan antusias mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir. Mulai dari sambutan, pemaparan materi, sesi tanya jawab, dan diakhiri dengan sesi foto bersama berjalan dengan lancar.