Berita

Seluruh mahasiswa Prodi HKI FSH UINSA mulai dari kelas A sampai C kompak melakukan kunjungan edukasi ke Ahmadiyah, Bubutan, Surabaya. Kunjungan edukasi ini dilaksanakan pada hari Senin, 27 November 2023 untuk Prodi HKI kelas A. Sedangkan untuk Prodi HKI kelas B dan C dilaksanakan pada Senin, 20 November 2023. Kunjungan edukasi ini dilaksanakan dalam rangka pembelajaran lapangan mata kuliah HAM dan Hukum Keluarga Islam. Mata kuliah tersebut diampu oleh Bapak Mukhammad Nur Hadi, S.HI., M.H.

Dalam kegiatan kunjungan edukasi ini mahasiswa/i Prodi HKI diajak untuk aktif berdiskusi mengenai Ahmadiyah terutama isu seputar Hukum Keluarga Islam. Saat pertama kali datang, seluruh mahasiswa/i Prodi HKI disambut baik oleh para jemaat Ahmadiyah. Acara selanjutnya yakni pembukaan yang dipandu oleh moderator dan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Bapak Arif dan Bapak Bashir.

Setelah penyampaian materi dari dua orang narasumber yang luar biasa kemudian acara dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab. Para mahasiwa/i Prodi HKI terlihat menunjukkan antusiasme mereka dalam sesi diskusi. “Saya merasa sangat terkesan ketika kunjungan. Komunitas ini menunjukkan rasa toleransi, kepedulian, dan semangat.  Dalam membangun sebuah komunitas yang harmonis, rasa kekeluargaan itu terasa begitu kuat,” ujar Umam Mahasiswa Prodi HKI.

Kunjungan edukasi tersebut memberikan pengalaman yang berharga bagi para mahasiswa/i Prodi HKI FSH UINSA. Mereka banyak belajar mengenai nilai-nilai solidaritas dan kemanusiaan. “Kunjungan ini membuka pandangan saya akan keberagaman dalam keyakinan pada suatu kelompok. Saya belajar untuk menghargai perbedaan, menjamin ukhuwah, dan pentingnya bersikap toleransi,” sambung Umam.

Kunjungan edukasi ke Ahmadiyah ini juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa/i Prodi HKI untuk menyikapi fenomena-fenomena beragama. Harapannya, mereka dapat terus menjalin semangat kebersamaan dalam penguatan ilmu pengetahuan dan juga spiritualitas. Tentunya, kegiatan kunjungan ini juga akan memberikan semangat kepada mahasiswa/i untuk terus menginspirasi terhadap keberagaman beragama.