Berita

Pasuruan — (19/01/2024) Mantapkan langkah untuk siapkan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM), Fakultas Psikologi dan Kesehatan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) gelar Kegiatan Desain Pengembangan Pembelajaran berbasis digital kepada para dosen.

Surya Hotel & Cottages Pasuruan menjadi tempat kegiatan kali ini. Bahan kajian dalam Kegiatan Desain Pengembangan Pembelajaran berbasis digital ini yaitu berfokus pada sosialisasi petunjuk teknis implementasi kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di prodi Psikologi FPK. Tidak hanya itu, plotting mata kuliah MBKM, pengelolaan dosen, pengonversian nilai mata kuliah, dan evaluasi bentuk-bentuk penugasan mahasiswa juga turut dibahas dalam kegiatan kali ini.

Dalam sambutannya, Dr. phil. Khoirun Niam selaku Dekan FPK menyampaikan bahwa, “Kegiatan kali ini merupakan suatu langkah pasti yang diupayakan oleh Unit Pengelola Program Studi (UPPS) FPK guna siapkan RTM mendatang sekaligus penyusunan program inovasi sesuai resolusi rektor 2024,” ujarnya.

Tak hanya itu, posisi FPK UINSA dari universitas menuju Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) memiliki berbagai tantangan, baik internal maupun eksternal. Terkait tantangan internal, telah tuntas dilaksanakan oleh FPK, yaitu berupa pencapaian target pendapatan dan mekanisme sistem pelaporan tridarma dosen (pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat) yang dibuktikan pada Sasaran Kinerja Pegawai (SKP).

Terkait Tantangan Eksternal, FPK memiliki sasaran pencapaian berupa pembukaan prodi Profesi Psikologi sebagai salah satu bentuk implementasi Undang-Undang Pendidikan dan Layanan Psikologi (UU PLP). Selain itu, sasaran pencapaian yang lain adalah terkait upaya untuk menghasilkan alumni yang berkompeten agar mampu berkompetisi di dunia kerja.

Writer: M. Ata Zaidan Taufiqi
Editor: Najwa Laska Halqi